News

KPAI soal Pemberian Sanksi Kepada Pelajar yang Ikut Demo: Jangan Intimidatif !!!

Anas Baidowi - 19/10/2020 15:18
Ketua Komisi Perlindungan Anak (KPAI), Susanto

Beritacenter.COM - Ketua Komisi Perlindungan Anak (KPAI), Susanto angkat bicara terkait pemberian sanksi kepada para pelajar yang ikut demo Omnibus Law UU Cipta kerja. Ia mengingatkan kepada pemerintah daerah dan pihak sekolah agar tidak memberikan sanksi berupa dikeluarkan dari sekolah.

Menurutnya, pemberian sanksi tersebut hanya akan menambah masalah baru. "Kalau dikeluarkan kan belum tentu ada sekolah lain yang mau menerima. Kalau sampai itu yang terjadi berarti menambah angka putus sekolah. Ini akan menjadi masalah baru," ujar Susanto, Senin (19/10/2020).

Sedangkan untuk pemberian sanksi berupa tidak tidak diberikannya SKCK seperti pernah dilontarkan Kepala Polres Depok dan Pemkot Depok, kata Susanto, telah dibantah oleh Polda Metro Jaya.

Menurut susanto, penanganan yang benar kepada para pelajar ikut terlibat dalam aksi demonstrasi adalah penanganan dengan menggunakan pendekatan ramah anak.

"Harus mengedepankan persuasi, jangan yang sifatnya intimidatif seperti itu," ujar Susanto.

Beberapa hari lalu, KPAI telah melakukan rapat koordinasi dengan kementerian terkait, kepolisian, lembaga pendidikan, Pemda, organisasi perwakilan orang tua, dan perwakilan siswa secara vitual. Hal ini untuk melindungi para pelajar supaya tidak menjadi korban baik dalam aksi mau pun setelahnya.

"Kami berembuk bareng secara virtual untuk meningkatkan pencegahan karena ada prediksi aksi demo ini akan terjadi lagi pada 20 - 23 Oktober. Semoga sih tidak benar terjadi," pungkasnya.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center KPAI Pelajar Ikut Demo Sanksi Pelajar Ikut Demo

Berita Lainnya