News

Demo Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf, Sejumlah Skenario Pengamanan Disiapkan

Anas Baidowi - 19/10/2020 16:24
Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto

Beritacenter.COM - Aksi demonstrasi demo menolak omnibus law UU Cipta Kerja kembali digelar di depan istana, Selasa (20/10) besok. Pelaksanaan demo tersebut bertepatan dengan setahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin. Untuk itu sejumlah skenario pengamanan tengah dipersiapkan oleh aparat kepolisian.

"Kami sedang rapatkan, cara bertindak kita, perbuatan kita, kita siapkan," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto di pos polisi Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakpus, Senin (19/10).

Heru mengaku belum mengetahui pasti massa yang akan turun pada aksi unjuk rasa besok. Namun, massa yang akan diarahkan ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

"Titik pusat aksi di Patung Kuda. Estimasi massa besok kita belum tahu karena pancaran itu akan kita dapat biasanya sore," lanjutnya.

Ia mengimbau agar aksi unjuk rasa yang dilaksanakan besok tidak ditunggangi pihak lain agar kerusuhan seperti pada demo sebelumnya tak terulang kembali.

"Pada prinsipnya kami kepolisian selalu akan memberikan wadah kepada mereka yang akan melaksanakan demo, karena memang demo ini diatur dalam undang-undang. Tetapi kami mengimbau aksi demo ini jangan ditumpangi oleh pihak-pihak lain yang akan mengacaukan situasi Jakarta," jelas dia.

Heru Novianto menegaskan, pihaknya akan melakukan skrining khusus guna mengantisipasi masuknya massa Anarko. Namun, Heru mengaku pihaknya belum mendapatkan data lengkap ihwal jumlah massa yang telah di-skrining.

"Ya, kami belum bisa menyatakan berapa persen dan berapa banyak," kata Heru.

"Tetapi kami sudah mengantisipasi dan bagaimana caranya kami untuk memisahkan (massa Anarko)," lanjutnya.

Dia menambahkan, pihak kepolisian bakal memberi ruang kepada massa aksi untuk menyampaikan pendapat.

"Ya kami dari kepolisian selalu akan memberikan wadah kepada mereka yang akan melaksanakan demo," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Aksi Unjuk Rasa Demo Tolak Omnibus Law Demo Tolak UU Cipta Kerja Demo Setahun Jokowi

Berita Lainnya