News

Polres Jakpus Pasang Spanduk di Pemukiman Warga Untuk Antisipasi Demo Rusuh Besok

Anas Baidowi - 19/10/2020 19:41
Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Heribertus Ompusunggu

Beritacenter.COM - Buruh dan Mahasiswa akan kembali menggelar aksi unjuk rasa terkait UU Cipta Kerja. Aksi unjuk rasa tersebut bertepatan dengan peringatan satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Heribertus Ompusunggu memastikan bahwa pihaknya akan mengerahkan kelompok masyarakat dan Pokdarkamtibmas untuk membantu mencegah kericuhan pada aksi unjuk rasa besok, mengingat demo rawan ditunggangi.

"Terutama bila akan ada aksi unras yang berskala besar," kata Heribertus di Jakarta, Senin (19/10).

Heribertus mengatakan, Pokdarkamtibmas dapat turun ke wilayah tempat tinggalnya dan mengimbau warga agar tidak ada yang sekedar ikut - ikutan dalam aksi demo nanti.

"Karena dikhawatirkan hanya akan membuat keributan saja," sebut Heribertus.

Tak hanya itu, Pokdarkamtibmas juga akan berkoordinasi dengan aparat untuk mengantisipasi adanya demo yang melakukan perusakan.

"Monitoring titik kumpul massa dan laporkan setiap perkembangan situasi. Selalu koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa," jelas Heribertus.

Nantinya, beberapa spanduk juga akan dipasang di pos-pos maupun di kampung dan pemukiman warga.

"Kemudian, dari pos-pos itu mereka menyampaikan ke masyarakat, terutama anak-anak pelajar dan anak mahasiswa di kampungnya kan itu banyak jadi disampaikan supaya tidak ikut-ikutan," terangnya.

Sementara itu, sejumlah ormas menyatakan komitmennya untuk menghindari aksi kekerasan dan anarkisme pada saat aksi unjuk rasa berlangsung.

"Kami tidak menginginkan, demo demo berikut jangan lagi ada anarkhisme kembali baik oleh demontras ataupun aparat bisa menahan diri. Kami semua tidak ingin diadu domba dan kita sangat menolak bentuk anarkhisme dan menolak pelajar ikut demontrasi," ungkap Koordinator Ormas Zaini Achmad.

TAG TERKAIT :
Berita Center Demo Tolak Omnibus Law Demo Tolak UU Cipta Kerja Amankan Demo Omnibus Law

Berita Lainnya