News

Jelang Libur Akhir Oktober, Wagub DKI Soroti 2 Kali Lonjakan Kasus-Imbau Warga Tetap Dirumah

Aisyah Isyana - 19/10/2020 22:32

Beritacenter.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyinggung soal sempat terjadinya dua kali lonjakan kasus Corona pasca libur panjang di Jakarta. Untuk itu, dia mewanti-wanti soal peningkatan kasus positif Corona saat libur panjang akhir Oktober nanti.

"Yang perlu kami sampaikan, yang perlu kami garis bawahi juga, khususnya warga Jakarta kita mengalami dua kali peningkatan yang signifikan di bulan bulan lalu disebabkan memang ada libur panjang, banyak lagi kita semua warga Jakarta yang ke luar daerah," kata A Riza kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (19/10/2020).

Baca juga : Perda DKI Atur Sanksi Pidana Denda Hingga Rp5 Juta Bagi Penolak Vaksinasi COVID-19

Untuk itu, A Riza mengimbau warga Jakarta untuk tidak meninggalkan wilayah Jakarta, saat libur panjang akhir Oktober nanti, yakni 28 Oktober sampai 1 November 2020. Dia berharap tak ada lagi peningkatan kasus Corona yang signifikan pasca libur panjang.

"Kita minta supaya sedapat mungkin warga Jakarta tidak keluar kota, apalagi melakukan kegiatan-kegiatan kerumunan. Kita belajar dari peristiwa dua kali libur panjang di Jakarta ini terjadi peningkatan signifikan," kata A Riza.

A Riza menyebut pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga meningkatkan potnensi penularan virus Corona yang lebih besar. Untuk itu, dia menyarankan agar warga DKI sebisa mungkin untuk tetap berada di rumah saja saat libur panjang akhir Oktober.

"Dan tentu sebagaimana sering kami sampaikan kalau ada pelonggaran di mana pun itu artinya potensi orang yang ke luar rumah meningkat, potensi orang yang berinteraksi meningkat, dan potensi kerumunan bisa meningkat pada akhirnya juga potensi penularan penyebaran bisa meningkat," kata Riza.

"Untuk itu, tempat yang terbaik sebagaimana sering disampaikan Pak Gubernur adalah tetap berada di rumah, kecuali bagi mereka yang penting sekali, sedapat mungkin kita berada di rumah," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat mewanti-wanti agar momen libur panjang tak berdampak pada kenaikan virus Corona di Indonesia. Dia juga menyinggung soal long weekend Agustus 2020 lalu, yang berimbas pada peningkatan kasus Corona.

"Ratas hari ini kita berbicara antisipasi penyebaran COVID berkaitan dengan libur panjang di akhir Oktober 2020. Mengingat kita punya pengalaman kemarin libur panjang 1,5 bulan yang lalu, setelah itu terjadi kenaikan agak tinggi," kata Jokowi, Senin (19/10).

TAG TERKAIT :
Corona Virus Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Pandemi COVID-19 Libur Panjang Akhir Oktober

Berita Lainnya