News

Jelang Libur Panjang Oktober, Korlantas Siapkan Sejumlah Skema Pengamanan

Anas Baidowi - 21/10/2020 20:21
Arus lalu lintas ketika libur panjang

Beritacenter.COM - Menjelang libur panjang dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung dari tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2020, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan skema pengamanan, mengingat masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

“Terkait hal tersebut Korlantas Polri telah menyiapkan rencana pengamanan dalam kegiatan Kamseltibcarlantas dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, Rabu (21/10).

Menurut dia, puncak arus mudik akan terjadi pada 27-28 Oktober 2020. Untuk itu Korlantas Polri telah memeriksa sejumlah ruas jalan yang hendak dilalui pemudik.

“Dari Korlantas Polri sudah melakukan pengecekan untuk mengetahui bagaimana kondisi jalan yang akan dilalui pemudik dan demi kelancaran serta kenyamanan para pemudik,” beber Ramadhan.

Terkait dengan pengamanan, Ramadhan menambahkan pihaknya bersama instansi terkait telah menyiapkan 645 pos terpadu dan 160.916 personel gabungan yang akan diterjunkan untuk mengamankan kegiatan libur panjang tersebut.

“Adapun penggelaran pos keamanan dan pos terpadu yang disiapkan sebanyak 645 Pos dengan fokus pengamanan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata dan jalur alternatif maupun tempat penyeberangan,” kata Ramadhan.

Sedangkan untuk antisipasi kemacetan sudah disiapkan oleh Polri. Berikut rekayasa yang dibuat:

1.) Penerapan contra flow di jalan tol Jakarta-Cikampek dan pembatasan truk sumbu tiga ke atas untuk tidak melalui jalan tol.
2.) Pengaturan di rest area dengan cara buka tutup.
3.) Pengaturan di gerbang tol dengan memperbanyak petugas card reader.
4.) Pengaturan di penyeberangan Kapal ASDP.

TAG TERKAIT :
Berita Center Korlantas Polri Libur Panjang Oktober

Berita Lainnya