News

Satgas COVID-19 : Klaster Kantor 90%-nya Disiplin Masker, Terpapar Corona saat Makan

Klaster perkantoran mereka yang terpapar itu, setelah diwawancarai adalah orang yang disiplin, 90 persen lebih adalah pengguna masker, mulai dari pagi-sore pasti pakai masker

Aisyah Isyana - 22/10/2020 00:27

Beritacenter.COM - Satgas COVID-19 mengungkap data terbaru terkait klaster penularan Corona di kawasan perkantoran. Dari hasil wawancara terhadap pekerja kantor yang terpapar Corona, diketahui jika kebanyakan dari mereka merupakan orang yang disiplin menggunakan masker.

"Klaster perkantoran mereka yang terpapar itu, setelah diwawancarai adalah orang yang disiplin, 90 persen lebih adalah pengguna masker, mulai dari pagi-sore pasti pakai masker," kata Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo, dalam dialog langsung yang ditayangkan akun YouTube BNPB, Rabu (21/10/2020).

Baca juga :

Dalam hal ini, Doni membeberkan sejumlah kemungkinan yang membuat para pekerja kantoran itu dapat tertular Corona, meski disiplin memakai masker. Menurutnya, penularan dapat terjadi saat penggunaan masker yang tidak benar atau saat makan bersama tanpa menjaga jarak.

"Pertanyaan kenapa kok terpapar juga, pertama mungkin memperlakukan maskernya kurang bagus, kemudian paling banyak itu saat makan, jaga jaraknya tidak diatur ketika makan bersenda gurau, inilah terjadi proses penularan lewat aerosol," ujarnya.

Menyikapi hal itu, Doni berpesan kepada masyarakat untuk kembali lebih memperhatikan lagi protokol kesehatan dimana pun berada. Menurutnya, tak ada tempat yang betul-betul aman dari penularan virus COVID-19.

"Dalam kondisi pandemi ini sudah tidak ada lagi tempat yang betul-betul aman, amannya itu ketika kita disiplin pakai masker, jaga jarak, ketika makan pun harus membatasi diri tidak ngobrol," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Virus Corona Pandemi COVID-19 Satgas COVID-19 Protokol Kesehatan Penularan Corona

Berita Lainnya