Internasional

Drone Militer AS Serang Markas Al - Qaeda, Tewaskan 14 Orang Petinggi Teroris

Dewi Sari - 23/10/2020 15:07

Beritacenter.COM - Serangan militer Amerika Serikat dengan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) menewaskan pemimpin Al-Qaeda di barat laut Suriah dekat perbatasan, Kamis (22/10/2020) kemarin.

Organisasi pemantau HAM di Suriah, The Syrian bservatory Rights (OSDH), mengatakan dari 14 korban tewas, lima dianataranya orang asing dan enam komandan pasukan.

"Militer Amerika Serikat melakukan serangan terhadap kelompok Al-Qaeda menewaskan para pemimpin senior (AQ-S) di dekat Idlib, Suriah," kata Mayor Beth Riordan, juru bicara Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM), dikutip dari Al-Arabiya, Jumat (23/10/2020).

"Pemusnahan para pemimpin AQ-S ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris untuk merencanakan lebih lanjut serangan global yang mengancam warga AS, sekutu kami, dan warga sipil yang tidak bersalah," lanjutnya.

Mayor Riordan tidak merinci lebih jauh mengenai operasi tersebut. Namun, menurut OSDH serangan tersebut menargetkan pertemuan akan malam para pemimpin kelompok esktrimis di desa Jakara, daerah Salqin.

Serangan itu menghantam markas besar oposisi terakhir di Idlib, yang didominasi oleh kelompok Hayat Tahrir al-Sham (HTS) yang dipimpin oleh mantan afiliasi al-Qaeda. Diyakini kelompok ekstremis lain juga hadir di daerah tersebut.

Kepala OSDH, Rami Abdel Rahman, mengatakan lima esktremis non-Suriah termasuk di antara mereka yang tewas, tetapi kewargenegaraan mereka tidak segera diketahui. Di antara enam pemimpin Suriah yang tewas, dua berasal dari kelompok HTS.

TAG TERKAIT :
Amerika Teroris Berita Center Drone Amerika Drone Tewaskan Teroris

Berita Lainnya