News

MUI Jabar Minta Warga Takbuat Arak-Arakan Saat Peringati Maulid Nabi

Baharuddin Kamal - 23/10/2020 16:55

Beritacenter.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat meminta warga untuk tidak mengadakan arak-arakan atau parade dalam memperingatan Maulid Nabi yang jatuh pada Kamis 29 Oktober 2020.

"Nah itu (arak-arakan) jangan lah. Karena dimungkinkan membuka peluang penyebaran Covid. Karena kegiatan itu mengundang massa, mengumpulkan massa. Arak-arakan jangan lah," ujar Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar, Jumat (23/10/2020).

Dia meminta agar masyarakat membuat acara lain dalam memperingati Maulid Nabi tahun ini. Seperti salah satunya menggunakan media sosial. "Peringatan maulid juga jangan itu-itu saja. Cari bentuk lain yang menarik, yang bermakna seperti memanfaatkan daring," ucapnya.

Dia menyebutkan, tablig akbar juga bisa dilakukan. Namun dengan catatan, sambung dia, tetap membatasi jemaah dan menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi apapun kegiatan keagamaan walaupun sudah diizinkan, tetap harus mengacu pada protokol kesehatan yang ketat. Terkait dengan Maulid Nabi yang biasanya mengundang massa banyak, saya kira tidak usahlah mengajukan massa banyak-banyak. Jadi diatur saja sesuai dengan protokol di masjid, misalnya tablig akbar disederhanakan. Seperti salat Jumat saja. Sudah diizinkan tapi tetap harus pakai protokol," tuturnya.

"Jadi intinya ini kan demi mencegah kemafsadatan jadi mencegah kemafsadatan harus didahulukan dari pada menghitung kemaslahatannya," kata Rafani menambahkan.

TAG TERKAIT :
Berita Center MUI Jabar Maulid Nabi Arak-Arakan

Berita Lainnya