Opini

JOKOWI MENUJU CAHAYA

Indah Pratiwi Budi - 24/10/2020 10:08
Ditulis Oleh : Alberthiene Endah

Label "Menuju Cahaya" hanya boleh disematkan kepada orang yang memiliki kualifikasi, Jokowi adalah figur yang layak karena dua hal. Pertama, ia adalah figur yang berani diteropong di bawah terang matahari. Kedua, Jokowi sudah menunjukkan kepemimpinan yang kuat.

Tidak banyak orang berani berjalan di bawah terang matahari karena ada sebagian hal yang disembunyikan. Namun, Jokowi bersedia diteropong untuk total hal, yakni rekam jejak, integritas, dan keteladanan.

Sejak menjadi pengusaha mebel, wali kota dua kali, gubernur, hingga presiden, Jokowi tetap menunjukkan konsistensi. Rekam jejaknya tidak menunjukkan perubahan gaya hidup karena faktor eksternal. Ia tetap hidup sederhana, tidak berubah karena status.

Jokowi juga menunjukkan integritas, yakni kejujuran, ketulusan, kerja keras, pengabdian, dan kerja nyata. Integritas ini sudah ditabungnya sejak kecil. Jika masa kecil tabungan kita diisi oleh kebohongan, maka pada masa tua kita harus tak bisa meninggalkan kebohongan.

Keteladanan Jokowi jelas ditunjukkan dalam keluarga, keseharian, dan kepemimpinan. Dia tidak pernah melibatkan keluarga dalam pekerjaannya sebagai presiden. Sebaliknya, keluarganya pun tidak ikut campur dalam urusan pemerintahan.

Jokowi layak di berikan label "Menuju Cahaya" karena ia mampu meneruskan cahaya. Ia memiliki kepemimpinan yang kuat.

Sebagai pemimpin yang memiliki strong leadership, Jokowi mampu meyakinkan rakyat Indonesia untuk bergerak ke level yang lebih tinggi.Meyakinkan rakyat untuk berjalan bersama menuju level yang lebih tinggi sangat penting dimiliki oleh seorang pemimpin.

Keadilan Sosial

Jokowi dalam pemerintahannya membangun berbagai hal penting untuk bangsa Indonesia. Pertama, berbagai jenis infrastruktur.Jokowi mampu mengakselerasi pembangunannya dengan pertumbuhan ekonomi dua digit karena sukses membangun infrastruktur.

Infrastruktur yang dibangun Jokowi saat ini baru akan dirasakan pada tahun-tahun mendatang.Kesiapan infrastruktur sangat penting sebagai modal pembangunan selanjutnya.

Pembangunan selama pemerintahan Jokowi di bidang sumber daya manusia, pertanian, kelautan, industri, dan pariwisata. Sumber daya alam ditata kembali.

Namun, yang menonjol dalam pembangunan era Jokowi adalah keadilan sosial. Ia menggunakan kepemimpinannya yang kuat untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Melihat rekam jejak, visi, dan kepemimpinannya, rakyat Indonesia kini berdoa agar Jokowi diberikan kesempatan untuk memimpin hingga periode selanjutnya.

 

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Presiden Jokowi Presiden Joko Widodo Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku

Berita Lainnya

Mengejek Adzan

Opini 03/12/2020 14:04

Azan Petamburan

Opini 02/12/2020 14:00