News

CATAT !! Ini Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang di Indonesia

Dewi Sari - 27/10/2020 07:48

Beritacenter.COM - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, Selasa (27/10/2020). Dari data yang diterima, hampir sebagian wilayah Indonesia akan diguyur hujan disertai angin kencang.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia diakibatkan adanya siklon tropis molave. Siklon tropis molave terpantau terjadi di perairan barat Filipina ke arah barat dengan tekanan 980 hPa dan kecepatan angin maksimum mencapai 65 knot.


"Diprakirakan, intensitasnya akan meningkat dalam 24 jam ke depan serta memberikan dampak berkurangnya curah hujan secara tidak langsung di sebagian wilayah Indonesia," kata Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko, Selasa (27/10/2020).

Berikut wilayah yang akan dilanda hujan disertai angin kencang, Aceh; Sumatera Utara; Lampung; Jawa Barat; Yogyakarta; Jawq Timur; Kalimantan Barat; Kalimantan Tengah; Kalimantan Timur; Sulawesi Tengah; Papua Barat; dan Papua.

Sementara wilayah yang diprediksi diguyur hujan dengan intensitas sedang, namun tetap berpotensi kilat dan angin kencang yakni, Riau; Bengkulu; Jambi; Sumatera Selatan; DKI Jakarta; Bali; Nusa Tenggara Barat; Nusa Tenggara Timur; Kalimantan Utara; Kalimantan Selatan; dan Maluku Utara. Sedangkan wilayah yang hanya berpotensi diterpa angin kencang, yaitu Sulawesi Barat.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan mengingat cuaca yang sering berubah - ubah.

 

TAG TERKAIT :
Hujan Berita Peristiwa Hujan Deras Hujan Disertai Angin

Berita Lainnya