Peristiwa

Hujan Deras Berimbas Longsor di Caringin Sukabumi, 12 Rumah dan 1 Musala Rusak!

Aisyah Isyana - 27/10/2020 14:20

Beritacenter.COM - Longsor tebing sawah yang menerjang Kampung Ciseupan Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, membuat sejumlah rumah warga dan tempat ibadah rusak. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Petugas gabungan juga sudah mengevakuasi para penyintas bencana ke lokasi yang lebih aman lagi. Data BPBD Kabupaten Sukabumi menyebut ada 12 rumah dan 1 musala yang rusak akibat diterjang longsor pada Senin (26/10) kemarin.

Baca juga :

"Update terbaru ada 1 rumah rusak berat, 1 rusak ringan, 3 terancam dan 7 rumah terdampak. Jadi total ada 12 ditambah 1 musala habis tertimbun," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman, Selasa (27/10/2020).

Warga yang terdampak bencana longsor terpaksa diungsikan ke sejumlah tempat kerabat dan rumah tetangga lainnya yang masih kosong, lantara tak adanya posko pengungsian.

"Semua warga kita ungsikan ke tempat yang sekiranya lebih aman. Di lokasi kami hanya menyediakan dapur umum untuk kebutuhan pangan warga selama proses evakuasi," jelasnya.

"Kalau relawan saat ini sudah ada puluhan yang bergabung, kami juga dibantu personel TNI - Polri yang sudah berada di lokasi tidak lama setelah kejadian longsor," sambung.

Sementara itu, Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna menyebut bencana longsor itu terjadi saat hujan deras mengguyur lokasi.

"Dikarenakan hujan deras mengakibatkan terjadi retakan di sawah warga yang menimbulkan longsoran besar mengakibatkan rumah warga mengalami rusak berat, sedang dan ringan. Untuk penghuni seluruhnya selamat dan dievakuasi ke rumah kerabatnya," ucap Daeng.

TAG TERKAIT :
Sukabumi Longsor Bencana Alam Cuaca buruk Hujan Deras Longsor di Sukabumi

Berita Lainnya