News

Lapas Cirebon Bagi-bagi Masker Gratis Buatan Napi ke Para Pengendara

Aisyah Isyana - 28/10/2020 17:30

Beritacenter.COM - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cirebon membuat kegiatan bagi-bagi masker, vitamin dan hand sanitizer ke pengendara yang melintas di sekitar lapas. Menariknya, masker yang dibagi-bagikan ke pengendara merupakan masker buatan para narapidana Lapas Kelas I Cirebon.

Dikatakan Kalapas Kelas I Cirebon Agus Irianto, sebanyak 160 napi di lapasnya aktif melakukan kegiatan pengembangan diri di bidang konfeksi, kerajinan dan lainnya, termasuk pembuatan masker ditengah pandemi. Napi lapas Cirebon turut berperan memproduksi maker berbahan kain ditengah pandemi COVID-19.

Baca juga : Aksi Demo Omnibus Law, Massa Mahasiswa dan Buru Membaur di Patung Kuda

"Di sini ada konfeksi. Kami memiliki 16 mesin jahit, empat mesin obras, dan dua mesin bordir. Yang rutin ikut produksi ada 160 warga binaan. Kalau untuk hal insidental bisa 200 warga binaan yang dilibatkan," kata Agus kepada detikcom usai membagikan bantuan paket vitamin, masker dan hand sanitizer di Jalan Kesambi Raya Kota Cirebon, Rabu (28/10/2020).

Selama kegaiatan bakti sosial ditengah pandemi, masker kain buatan para napi menjadi produk andalan di Lapas Cirebon. Agus bahkan menyebut pihaknya kerap mendapat pesanan masker dari lapas lain.

"Masker hasil karya warga binaan kita. Dari awal pandemi memang sudah sering kita salurkan kepada masyarakat melalui bakti sosial. Kalau pemesanan memang tidak terlalu signifikan, tapi ada," kata Agus.

Agus menyebut Lapas Cirebon tak hanya memproduksi masker, namun juga memproduksi kaset, kerajinan rotan dan bola. "Karena kondisi seperti ini jadi kita fokus produksi masker kain," ucapnya.

Lebih lanjut, Agus menyebut kegiatan bakti sosial bagi-bagi masker, vitamin dan handsantizer itu merupakan salah satu bentuk kepedulian Lapas Cirebon ke masyarkat. Selain itu, bakti sosial itu juga merupakan rangkaian peringatan Hari Dharma Karyadhika.

"Tadi kami bagikan seratus paket. Insyaallah Kamis (5/10) nanti semua lapas di Ciayumajakuning (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) secara serentak bagikan masker," ucap Agus.

TAG TERKAIT :
Narapidana Bakti Sosial Masker Lpas Kelas I Cirebon Bagi-bagi Masker Gratis

Berita Lainnya