News

Jokowi Minta Masyarakat Waspada Gelombang Kedua Corona, Komisi IX : Disiplin Protokol Kesehatan!

Pemerintah dan semua komponen masyarakat dari pusat sampai daerah jangan kendor dan tetap disiplin jalankan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan

Aisyah Isyana - 03/11/2020 07:27

Beritacenter.COM - Komisi IX DPR RI mengingatkan soal pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta semua pihak untuk waspada dan tidak teledor terhadap COVID-19. Untuk itu, Komisi IX mengimbau agar masyarakat senantiasa menjalankan protokol kesehatan.

"Pemerintah dan semua komponen masyarakat dari pusat sampai daerah jangan kendor dan tetap disiplin jalankan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin dan patuh syarat utama mencegah dan menekan penyebaran COVID-19 di seluruh Tanah Air," kata Wakil Ketua Komisi IX, Melki Laka Lena kepada wartawan, Senin (2/11/2020).

Baca juga : Satgas COVID-19 : Klaster Kantor 90%-nya Disiplin Masker, Terpapar Corona saat Makan

Melki juga mengimbau warga yang ternyata memiliki gejala untuk segera melakukan pemeriksaan. Selain itu, dia berharap pelacakan bagi orang yang memiliki kontak dengan para penderita COVID-19 juga dapat lebih ditingkatkan.

"Bagi warga bergejala mirip penderita COVID segera lakukan testing minimal swab antigen atau PCR untuk memastikan status penyakit yang dialami. Apabila positif terus aktif lakukan tracing penelusuran kontak dan segera diobati treatment sesuai status pasien positif tersebut," jelasnya.

"Jika tanpa gejala, gejala ringan atau sedang bisa dilakukan isolasi mandiri di rumah bagi yang mampu atau penginapan yang siapkan pemerintah atau swasta. Pasien gejala berat atau kritis yang perlu mendapat penanganan serius di RS COVID-19 dibawa saat awal terkena sehingga bisa selamatkan pasien," sambungnya.

Hingga saat ini, Melki sendiri tak menampik jika pandemi COVID-19 kemungkinan masih jauh dari akhir. Untuk itu, guna mengendalikan pandemi COVID-19, Melki mengimbau semua pihak untuk senantiasa menaati protokol kesehatan.

"Walaupun kemungkinan masih lama pandemi COVID-19, perpaduan 3 M dan 3 T ayo dilakukan secara padu pemerintah dan semua komponen masyarakat niscaya bisa mengurangi angka orang tertular, meningkatkan orang sembuh dan menekan angka kematian akibat penyakit COVID-19. Protokol kesehatan saat ini berguna ibarat obat dan vaksin bagi siapa saja dalam hadapi COVID-19," sebutnya.

Baca juga : Fraksi PKS DPRD DKI Soroti Disiplin Kepatuhan 3M Terkait Tingginya Kasus Corona di Jakarta

Sebelumnya, Presiden Jokowi berpesan kepada semua pihak untuk mewaspadai munculnya gelombang kedua penularan virus Corona (COVID-19), seperti yang terjadi di negara Eropa. Jokowi mengimbau semua pihak untuk tetap waspada dan taat protokol kesehatan.

"Yang berkaitan dengan COVID, saya ingin menekankan sekali lagi hati-hati karena ini di Eropa muncul gelombang kedua yang naiknya sangat drastis sekali. Jadi jangan sampai kita teledor, jangan kita kehilangan kewaspadaan sehingga kejadian itu terjadi di negara kita," kata Jokowi saat menyampaikan arahan dalam sidang kabinet paripurna seperti ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/11).

TAG TERKAIT :
Presiden Jokowi Virus Corona Komisi IX DPR RI Penyebaran Virus Corona Pandemi COVID-19

Berita Lainnya