News

Ratusan Sapi Warga di Sleman Dievakuasi Menyusul Status Siaga Gunung Merapi

Aisyah Isyana - 10/11/2020 02:23

Beritacenter.COM - Gunung Merapi terpantau berada dalam status siaga. Ratusan warga dari kelompok rentan di Kalitengah Lor, diungsikan ke Barak Pengungsian Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Sabtu lalu. Setelah warga mengungsi, kini giliran ratusan sapi milik warga yang turut diungsikan.

Sapi-sapi milik warga Kalitengah itu diungsikan sementara di kandang komunal yang ada di daerah Singlar, Desa Glagaharjo, dengan menggunakan kendaraan bak terbuka. Sedikitnya ada 294 ekor sapi milik warga Kalitengah Lor yang diungsikan. Dari jumlah itu,95 diantaranya sapi perah dan sisanya sapi pedanging.

Baca juga :

"Hari ini diungsikan yang sapi perah di Barak Singlar. Skenario kami, di sana khusus sapi perah. Tapi, ada juga beberapa ekor sapi potong yang dipindah ke sana karena pemiliknya khawatir. Harapan saya hari ini selesai (proses evakuasi sapi)," kata Camat Cangkringan, Suparmono, Senin (9/11/2020).

Suparmono mengatakan, akan ada sejumlah pihak yang akan dilibatkan guna menangani ratusan sapi di kandang komunal tersebut. Mereka diantaranya petugas dari Dinas Pertanian, Dokter Hewan, hingga relawan pencinta satwa. Suparmono menyebut sapi perah perlu mendapat perawatan ekstra, terlebih sapi-sapi itu rentan mengalami stres [asca dipindahkan ke kandang yang baru.

"Sapi itukan kalau dipindah dadakan bisa stres. Apalagi kalau sapi perah, itu bisa mempengaruhi produksi susunya. Kami serahkan ke ahlinya," ujarnya.

Selain itu, Suparmono menyebut Dinas Pertanian nantinya juga akan melakukan pengololaan limbah kotoran sapi di kandang komunal, guna menghindari adanya polusi limbah.

"Rencananya ada saluran buat kencing sapi dan limbah-limbah lainnya dibantu teman-teman Dinas Pertanian. Agar kemudian tak jadi polusi, mengingat lokasinya juga tak begitu jauh dari tempat pengungsian warga," tutup Suparmono.

TAG TERKAIT :
Sleman Bencana Alam Gunung Berapi Gunung Merapi Gunung Merapi Siaga

Berita Lainnya