News

Bima Arya Susuri Sungai Ciliwung dari Bogor-Jakarta Petakan Titik Banjir

Aisyah Isyana - 10/11/2020 22:28

Beritacenter.COM - Guna melakukan pemetaan terhadap titik-titik tertentu dari hulu ke hilir yang berpotensi menyebabkan banjir di musim hujan, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan ekspedisi dengan menyusuri Sungai Ciliwung.

"Jadi dari sini (Sukaresmi) melewati Depok sampai nanti di ujung di Pintu Air Manggarai kita akan petakan, semua titik yang menjadi persoalan bencana. Apakah itu sampah atau bangunan yang melanggar sepadan sungai atau limbah nanti kita akan petakan," ujar Bima di Sukaresmi, Bogor, Selasa (10/11/2020).

Baca juga :

Bicara soal permasalahan sungai Ciliwung, Bima menyebut hal itu seharusnya turut menjadi persoalan bersama antar lintas wilayah. Pasalnya, penanggulangan dari hulu ke hilir merupakan langkah yang tak bisa diabaikan guna meminimalisir limpahan air sungai Ciliwung ke Jakarta.

Bima Arya juga menyinggung soal kolaborasi antar komunitas yang dinilai penting dilakukan, dalam melakukan edukasi soal pentingnya lingkungan hidup bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, dia berharap agar semangat itu dapat terus disuarakan.

"Kita sudah jalan Satgas Ciliwung ini sudah 2 tahun dianggarkan APBD. Berdasarkan catatan kita banyak improvements, banyak perbaikan dalam hal timbunan sampah dan kebersihan. Karena teman-teman ini full time tiap hari. Kami ingin yang dilakukan di Bogor juga dilakukan di Depok dan Jakarta," jelasnya.

Adapun ekspedisi Sungai Ciliwung itu diketahui berlangsung dua hari, dari 10-11 November, dengan titik awal ekspedisi dimulai dari kawasan Sukaresmi, Kedunghalang, Kota Bogor dan berakhir di pintu Air Manggarai keesokan harinya.

Tim ekspedisi yang dipimpin Bima Arya terpantau mulai berangkat sekira pukul 10.00 WIB dan tiba di Depok sebelum magrib. Pada kesempatan itu, Bima bertemu dengan komunitas peduli Ciliwung Depok, dan mewacanakan untuk menggelar Festival Ciliwung di awal tahun baru.

Bima menyebut kegiatan itu sebagai salah satu strategi guna mengedukasi masyarkaat agar tidak mencemari lingkungan dengan membuang sampah ke sungai. Untuk itu, dia berharap agar kegiatan itu dapat dilakukan dengan berkolaborasi lintas wilayah, agar naturalisasi sungai dapat dilakukan bersama.

TAG TERKAIT :
Sungai Ciliwung Pemkot bogor Bima Arya Wali Kota Bogor Ekspedisi Sungai Ciliwung

Berita Lainnya