Internasional

Ejekan Presiden Iran Untuk Trump: Dilengserkan Secara Hina Dengan Sendirinya

Anas Baidowi - 12/11/2020 07:30
Presiden Iran, Hassan Rouhani

Beritacenter.COM - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengejek Presiden Donald Trump atas kekalahannya di pemilihan presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) 2020. Ejekan itu disampaikan Presiden Rouhani dalam rapat kabinet yang disiarkan langsung oleh televisi Iran.

"Rezim yang memimpikan kehancuran Iran dengan sendirinya dilengserkan secara hina, dan sekarang semua negara - kecuali beberapa yang selalu membuntuti rezim tersebut - melihat keadaan yang berbeda di masa depan," kata Rouhani, pada Rabu 11 November 2020.

Presiden Rouhani menyebut pemerintahan Trump sebagai "aktor yang menjengkelkan yang mempunyai peran negatif" terkait hubungan Iran dengan negara-negara tetangganya.

Selain itu, rezim pemerintahan Trump juga dinilai tidak kompeten dalam menangani hubungan internasional dan cenderung menganut rezim Zionis (Israel).

"Rezim yang akan berakhir dalam hitungan bulan ini tidak tahu banyak tentang hubungan internasional dan didekte oleh ekstremis dalam negeri dan rezim Zionis (Israel)," tuturnya.

Pada kesempatan yang lain, Rouhani menegaskan bahwa siapapun presiden AS yang terpilih nanti, Iran tidak akan mengubah kebijakannya. Untuk itu, tergantung pada AS apakah akan menempuh jalur diplomasi atau tidak, termasuk apakah AS akan kembali ke perjanjian nuklir antara Iran dan beberapa negara besar lainnya yang diraih pada tahun 2015.

"Ini tergantung mereka. Jika mereka memenuhi tanggungjawab maka mereka bisa memilih jalur baru," kata Rouhani.

 

 
TAG TERKAIT :
Donald trump Berita Center Pilpres AS Presiden Iran Kekalahan Donald Trump

Berita Lainnya