Entertainment

Tak Mau Riya, Harta Kekayaan Haji Bolot Ternyata Bisa Menyingkirkan Raffi Sebagai Sultan Andara

Baharuddin Kamal - 13/11/2020 09:40
Haji Bolot.

Beritacenter.COM - Siapa yang kenal dengan Haji Bolot bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu pelawak senior yang masih eksis hingga saat ini. Tak heran karena sosoknya yang ikonik dengan ciri khasnya sendiri.

Haji Bolot sendiri sering berperan sebagai orang budek dalam setiap lawakannya. Tak banyak yang tahu, setelah puluhan tahun di dunia hiburan menjadi pelawak, harta kekayaan yang dimiliki Haji Bolot ternyata sangat fantastis.

Bahkan harta kekayaan itu bisa menyingkirkan Raffi Ahmad sebagai Sultan Andara. Meski begitu, H Bolot terkenal tak pernah pamer soal harta kekayaannya.

Harta kekayaan pelawak bernama asli Muhammad Sulaeman Harsono ini baru terkuak setelah hadir di podcast Deddy Corbuzier.

Saat berbincang-bincang, H Bolot mengaku pernah ditawari salah satu stasiun TV untuk mengulas rumahnya. Namun, tawaran ini ditolak secara halus oleh komedian 78 tahun tersebut. Menurut H Bolot, dirinya ini hanya memiliki rumah gubug.

Maka dari itu, H Bolot tak ingin pamer soal harta kekayaan. Pasalnya, pamer harta atau riya, menurut H Bolot, dilarang dalam Islam.

"Gue malu, rumah gue kecil, gubug. Gue bilang aja begitu. Ngapain kita mau pamer-pamer, mau bangga-banggain dunia kita," tutur Haji Bolot.

"Kebanyakan teman-teman (artis) mau pamer, rumah mewah, mobil mewah, ikan jutaan. Kalau gue mah nggak kepengin pamer," tambahnya.

H Bolot mengaku sanggup membangun rumah harga puluhan miliar untuk diri sendiri. Namun menurut sang pelawak, lebih baik rumah itu dibangunkan untuk keluarga dan saudara.

"Gua kalau mau bikin rumah Rp 20-30 miliar, sanggup. Tapi gua nggak mau senang sendiri.

Gua pengin senang keluarga gua, saudara gua. Urusan mati kan yang kita bawa amal perbuatan," ucap Haji Bolot.

Selama karirnya di dunia hiburan, Haji Bolot mengaku sudah bisa membuatkan rumah untuk 10 orang, seperti anak, ibu mertua, dan saudara-saudaranya yang lain.

"Segini aja gue udah bahagia. Bahagianya apa, gue rumah aja 10, bikin rumah buat anak, ada anak tiri, gua bikinin semua.

Mertua gua, mpoknya istri gua, saudara gua, gua bikinin semua," imbuh Haji Bolot. Selain bangun rumah, H Bolot pun sudah menaikkan haji anggota keluarganya.

"Gue demi Allah, dapat rezeki dari shooting, yang pantas gue bikinin rumah, gue bikinin. Lu punya rumah apa belum, belum pergi haji, gue naikin haji," tambah Haji Bolot.

Selain 10 rumah mewah, Haji Bolot kini sudah punya 13 mobil. Namun kembali, mobil itu dibelikan bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk anak-anaknya.

"Walau gue emang artis kampungan, mobil gue banyak, 13. Paling tinggi yang harga Rp 300 juta. Yang lain paling harga pekgo (Rp 150 juta).

Buat apa sih mobil mewah-mewah, jalan macet, senggol dikit lecet, mahal. Mending mobil yang masuk harga pekgo," pungkas Haji Bolot.

TAG TERKAIT :
Berita Center Raffi Ahmad Haji Bolot Kekayaan Haji Bolot Sultan Andara

Berita Lainnya