News

KPPU Pastikan KKP Bersih Dari Dugaan Monopoli Ekspor Benih Lobster

Dewi Sari - 13/11/2020 16:46

Beritacenter.COM - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) memastikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersih dari dugaan terlibat dalam praktek monopoli ekspor benih lobster.

Kepastian ini didapat dari hasil pengecekan yang dilakukan KPPU. Dugaan adanya praktek monopoli terjadi bukan karena imbas dari aturan yang dibuat KKP.

"Kami sudah melakukan advokasi tidak ada kebijakan dari pemerintah untuk mengarahkan pada satu pelaku usaha tertentu. Kami yakin dari sisi kebijakan itu tidak ada. Jadi ini clear," kata Komisioner KPPU, Guntur Saragih, dalam video conference terkait Rekomendasi KPPU Atas Kebijakan Ekspor Benih Lobster, Kamis (12/11).

Menurut KPPU, dugaan ini mengarah ke salah satu perusahaan jasa pengiriman benih lobster ekspor yang terletak di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Motifnya, papar KPPU, membuat pola kegiatan bisnis menjadi tidak efektif sehingga menciptakan biaya logitik yang tinggi.

"Ini memang dilakukan oleh satu pelaku usaha (forwarding) tertentu. Pengiriman BBL yang dilakukan melalui satu bandara, yakni Bandara Soekarno Hatta Jakarta dapat menciptakan inefisiensi bagi biaya pengiriman dan resiko yang harus ditanggung oleh pelaku usaha," paparnya.

Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang UKM dan Dunia Usaha, Andreau Pribadi menegaskan dugaan itu seharusnya tidak ada karena KKP tidak melakukan penunjukan perusahaan logistik.

"KKP melalui Kepala BKIPM berdasarkan aturan Nomor 37 Tahun 2020 tentang Tempat Pengeluaran Khusus Benih Bening Lobster dari Wilayah Negara RI telah menetapkan adanya 6 bandara yang direkomendasikan untuk pengiriman BBL ke luar negeri," jelas Andreau, Jumat (13/10/2020).

Di antaranya, lanjut Andreau, Bandara Soekarno Hatta, Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Lombok, Bandara Kualanamu Medan dan Bandara Hasanuddin Makassar.

"Saat ini KKP terus memantau dan memastikan proses di bawah benar-benar terjaga dan ikuti aturan," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center KKP Lobster Benih Lobster

Berita Lainnya