News

PDIP soal Anies Dipanggil Polisi Imbas Acara HRS : Harus Hadir, Untuk Klarifikasi!

Ya harusnya Pak Anies hadir lah, untuk melakukan klarifikasi. Undangan kan wajib dihadiri

Aisyah Isyana - 17/11/2020 07:25

Beritacenter.COM - Buntut kerumunan di acara Habib Rizieq Syihab ditengah pandemi, Polri akhinya memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menyikapi hal itu, PDIP DKI Jakarta menyebut langkah Polri dalam memanggil Anies sudah tepat.

"Sudah tepat lah, karena Gubernur kan Ketua Gugus Tugas COVID-19, tingkat provinsi," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Baca juga :

Dalam hal ini, Gembong menyebut Anies sudah seharusnya hadir untuk memenuhi panggilan tersebut. Gembong menyebut Anies wajib untuk memenuhi undangan klarifikasi tersebut.

"Ya harusnya Pak Anies hadir lah, untuk melakukan klarifikasi. Undangan kan wajib dihadiri," ujarnya.

Meski begitu, Gembong enggan berkomentar banyak soal apakah Anies turut bertanggung jawab atau tidak terkait pelanggaran protokol kesehatan imbas kerumunan massa dalam acara di Petamburan. Dia menyerahkan hal itu sepenuhnya ke pihak kepolisian.

"Itu nanti urusan penyidik lah, soal siapa yang harus bertanggung jawab," ujar Gembong.

Untuk diketahui, Mabes Polri sebelumnya akan memanggil semua pihak, termasuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terkait kerumunan di acara Habib Rizieq. Adapun pemanggilan terhadap Anies dan sejumlah pihak ini dilakukan guna mengklarifikasi dugaan tindak pidana UU Kekarantinaan Kesehatan.

"Yang kedua tindak lanjut penyidik dengan perkara pelanggaran protokol kesehatan atas diselenggarakannya acara resepsi pernikahan putri dari HRS," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/11).

Argo menyebut pihaknya telah mengirimkan surat klarfikasi itu kepada Anies dan sejumlah pihak.Adapun sejumlah pihak terkait acara HRS, yakni Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara hingga beberapa tamu di acara HRS.

"Jadi penyidik sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada anggota bimas yang bertugas protokol kesehatan kepada RT, kepada RW, kepada satpam maupun linmas dan kemudian lurah, camat dan Wali Kota Jakarta Pusat kemudian dari KUA, dari Satgas COVID-19, biro hukum DKI dan Gubernur DKI, biro hukum...," sebut dia.

"Dan kemudian beberapa tamu yang hadir," jelas Argo.

TAG TERKAIT :
Gubernur DKI Jakarta POLRI Anies Baswedan PDIP Habib Rizieq Gembong Warsono Kerumunan di Acara Habib Rizieq

Berita Lainnya