News

Soal Vaksin Tersedia Bulan Desember, Jokowi : Masih Memerlukan Waktu Kurang Lebih Tiga Minggu

Dewi Sari - 18/11/2020 10:30

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap bahwa vaksi Covid -19 akan segera diluncurkan pada akhir bulan November. Menurutnya, masih ada perencanaan yang harus di selesaikan hingga waktu yang sudah direncanakannya.

“Tapi kalau tidak bisa berarti masuk ke bulan Desember. Baik dalam bentuk vaksin jadi maupun dalam bentuk nantinya bahan baku yang nantinya diolah di Bio Farma,” katanya saat memberikan keterangan pers di Puskesmas Tanah Sereal, Rabu (18/2020).

Jokowi mengatakan jika vaksin sudah ada di Indonesia tidak langsung disuntikan ke masyarakat. Masih ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan terlebih dahulu salah satunya adalah emergency use authorization atau EUA dari Badan POM.

“Sehingga tahapan itu memerlukan waktu. Mungkin antara kurang lebih tiga mingguan. Setelah mendapatkan izin dari BPOM baru kita lakukan vaksinasi,” ungkapnya.

“Kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah ilmiah ini juga saya sudah sampaikan wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini mengatakan bahwa jika melihat simulasi di Puskesmas tanah Sereal maka vaksinasi akan dimulai di akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021. Pasalnya membutuhkan persiapan dan proses yang sebentar.

“Kita juga harus menyiapkan distribusi ke seluruh tanah air. Ini yang tidak mudah. Mendistribusikan vaksin tidak mudah. Ini bukan barang seperti barang-barang yang lain. Memerlukan cold chain, kedinginan dengan derajat tertentu. Setiap vaksin dari produk berbeda memerlukan juga model distribusi yg berbeda. Inilah yang terus kita siapkan agar nanti daerah-daerah juga segera mendapatkan vaksin dan vaksinnya juga tidak rusak,” pungkasnya.

 

TAG TERKAIT :
Jokowi Berita Center Presiden Jokowi Vaksin Bahaya Virus Corona Vaksin Covid 19

Berita Lainnya