Nasional

Apa Ugensi Rekrut Stafsus, Ini Penjelasan KPK

Anas Baidowi - 19/11/2020 20:25
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata

Beritacenter.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi memaparkan penambahan jabatan staf khusus (stafsus) pada struktur organisasi baru KPK. Penambahan jabatan tersebut tercantum dalam Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 7 Tahun 2020. yang menyebut stafsus penting demi kebutuhan organisasi.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan bahwa jabatan stafsus tersebut merupakan pengganti dari fungsi penasihat. Karena, aturan tentang penasihat yang sebelumnya tertuang dalam Undang-Undang Nomor 19/2019 telah dicabut dan dihilangkan.

"Sebelumnya ada penasihat KPK ini kita ganti menjadi staf khusus yang aturannya telah dicabut oleh UU 19/2019, penasihat itu tidak ada," kata Alex dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Berbeda dengan penasihat KPK sebelumnya, Alex mengatakan bahwa stafsus tidak melekat kepada komisioner secara perorangan. Dia menyebut bahwa jumlah stafsus yang diangkan akan disesuaikan dengan bidang strategis KPK yang berjumlah 5.

"Antara lain misalnya tergantung kebutuhan nanti: bidang teknologi informasi, sumber daya alam dan lingkungan, hukum korporasi dan kejahatan transnasional, manajemen dan sumber daya manusia, ekonomi dan bisnis," katanya.

"Apakah harus 5? Tidak, sesuai kebutuhan misalnya tahun depan KPK mau fokus pemberantasan korupsi di mana dari sisi pencegahan penindakan, oh kita mau fokus ke SDA sumber daya alam, kita nggak punya ahli di bidang itu, kami rekrut staf khusus yang paham betul terkait proses bisnis pengelolaan sumber daya alam, misalnya gitu," imbuhnya.

Saat ditanya berapa lama stafsus ini akan dibutuhkan KPK? Alex menegaskan jika tugas stafsus dianggap selesai maka jabatannya juga dianggap selesai.

"Jadi tidak harus mengikuti jabatan pimpinan, kalau tidak dibutuhkan ya sudah, karena apa? Ini berdasarkan kebutuhan, jadi bukan jabatan yang melekat pada pimpinan seolah-olah menjadi alat pimpinan untuk bisa merekrut staf khusus, nggak, ini kebutuhan organisasi, bukan kebutuhan pimpinan," pungkas Alex.

 
TAG TERKAIT :
KPK Berita Center Stafsus KPK Urgensi Rekrut Stafsus

Berita Lainnya