Kriminal

Diduga Culik Anak, Mahasiswa di Bali Ditangkap Polisi

Baharuddin Kamal - 23/11/2020 23:33
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Seorang mahasiswa berinisial AHS (23) ditangkap polisi lantaran diduga telah melakukan penculikan terhadap bocah berusia 5 tahun di Jalan Tukad Citarum Denpasar, Bali.

"Iya, tentang dugaan tindak pidana penculikan terhadap anak," kata Kasubag Humas Polresta Denpasar Iptu I Ketut Sukadi, Senin (23/11/2020).

Kejadian ini bermula pada Minggu (1/11) sekitar pukul 08: 45 Wita. Saat itu keluarga korban yang baru saja pulang dari Gereja tidak menemukan bocah tersebut di dalam rumah. Keluarga yang panik kemudian mengumumkan kehilangan tersebut di media sosial Facebook dan juga grup Whatsapp

."Sekitar pukul 13.00 Wita, pelapor (orang tua) mendapatkan informasi jika tetangganya mempunyai CCTV. Dan dari CCTV tersebut pelapor mendapatkan petunjuk jika anak korban diajak oleh seorang laki-laki yang tidak dikenal dengan menggunakan sepeda motor RX King warna hitam merah," ujar Ketut.

Tidak lama kemudian, keluarga korban mendapatkan informasi bahwa bocah itu terlihat di Jalan Pakisaji Denpasar. Sesampainya di lokasi, korban bertemu dengan anaknya tengah bersama Wilson dan Agustin.

Menurut keterangan Wilson, anak tersebut dititipkan oleh AHS, yang merupakan mahasiswa, karena ayahnya sedang bekerja dan ibunya sedang beribadah. Setelah itu anak tersebut akan dijemput kembali.

"Dari kedua saksi, mengatakan jika sebelumnya anak korban dititipkan oleh tersangka atas nama AHS yang tinggal di Jalan Akasia Denpasar," jelasnya.

Kemudian, pihak kepolisian dengan cepat mengamankan pelaku sekitar pukul 20:00 Wita, Minggu (1/11). Pelaku beserta barang bukti diamankan dan dibawa ke Reskrim Polresta Denpasar untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

"Motifnya masih pengembangan dan modusnya mengambil anak yang pada saat orang tua korban pergi sembahyang dengan jarak kurang lebih 4,6 Kilometer tanpa seizin dan sepengetahuan orang tua kandungnya," terang Ketut.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 76 F Jo Pasal 83 UU RI, Nomor 17, Tahun 2016 tentang penetapan pemerintah pengganti UU, Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23, Tahun 2002, tentang perlindungan anak dan atau Pasal 328 KUHP dengan pidana penjara paling lama 12 tahun.

 

TAG TERKAIT :
Bali POLISI Penculikan Penculikan anak Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya