News

Komisi IX soal Petugas Dihalangi Disifeksi Rumah HRS : Tiap Orang Punya Interpretasi

Kalau bicara disinfektan, kan namanya orang punya interpretasi lain ya, bahwa 'Ini tidak baguslah'. Tapi kalau di jalan, sebetulnya kan tidak masalah gitu

Aisyah Isyana - 24/11/2020 18:51

Beritacenter.COM - Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita, angkat bicara soal kabar petugas dihalangi oleh laskar FPI saat hendak melakukan penyemprotan disinfektan di kedaiaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat. Felly menilai, ada perbedaan interpretasi masyarkat soal penyemprotan disinfektan.

"Kalau bicara disinfektan, kan namanya orang punya interpretasi lain ya, bahwa 'Ini tidak baguslah'. Tapi kalau di jalan, sebetulnya kan tidak masalah gitu," kata Felly kepada wartawan di gedung DPR, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, sebagian warga tak ingin penyemprotan disinfektan dilakukan di dalam rumah. Namun, sebagiannya lagi mungkin merasakan dampak yang ditimbulkan dari penyemprotan disinfektan di dalam rumah.

"Lain lagi kalau sudah masuk rumah, itu kan juga mereka lihat dampaknya. Mereka pikir dari dampak itu sendiri, tapi kalau di jalan kan sebenarnya nggak masalah ya," ucapnya.

Felly mengaku tak dapat mengomentari soal adanya sejumlah laskar FPI yang berupaya menghalangi petugas melakukan penyemprotan di kediaman Habib Rizieq. Dia menilai, hal itu perlu dilakukan penelusuran lebih lanjut, agar jelas alasan mereka melakukan hal itu.

"Harus telisik lebih jauh, ada apa, baru (saya) bisa berikan statement lebih lengkap. Kalau cuma begini, nggak bisa, kita mesti lihat motifnya apa, kita harus tanya bukan satu sumber, tapi dari banyak sumber yang ada di masyarakat sekeliling itu seperti apa," ujarnya.

Kedepannya, Felly menyarankan agar ada pemberitahuan lebih dulu ke masyarkaat, sebelum dilakukan penyemprotan. Dengan begitu, insiden seperti itu tak akan terjadi lagi.

"Nah sebetulnya memang ini harus diberikan penjelasan dulu, pengumuman atau edaran bahwa hari apa itu akan ada penyemprotan disinfektan. Saya kira, kalau ini nyambung, nyampai informasi itu, saya kira tidak ada halangan untuk itu. Tapi, karena tidak diinformasikan sampai mereka, kaget saya kira itu," imbuhnya.

Untuk diketahui, polisi melakukan penyemprotan di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat. Namun, gang menuju rumah Habib Rizieq Syihab dijaga ketat laskar FPI. Penyemprotan disinfektan hanya dilakukan petugas di sekitar Gang Petamburan III di dekat Jalan KS Tubun. Dijaga ketat laskar FPI, petugas hanya melewati gang menuju rumah Habib Rizieq.

Tak ada upaya diskusi antara petugas dan anggota laskar FPI yang berjaga. Petugas langsung melewati Jalan Paksi yang dijaga laskar FPI dan sejumlah warga setempat.

TAG TERKAIT :
FPI Habib Rizieq Laskar FPI Penyemprotan Disinfektan Petamburan

Berita Lainnya