Kesehatan

Gigi Kamu Sensitif ? Coba Lakukan 5 Cara ini

Dewi Sari - 25/11/2020 21:35

Beritacenter.COM - Memiliki masalah gigi sensitif memang menyebalkan bagi seseorang penderitanya. Biasanya sakit gigi sensitif ini menyebabkan bau pada mulut.

Hawa panas yang muncul beberapa waktu belakangan ini menyebabkan minuman dingin dan es krim jadi sangat menggoda untuk dinikmati. Namun sayangnya rasa dingin yang ditimbulkannya bisa membuat kamu merasa ngilu terutama ketika memiliki gigi sensitif.

Selain dengan mencegah terjadinya masalah gigi sensitif, sejumlah bahan sederhana juga bisa membantu meredakan ketika masalah ini tiba-tiba muncul. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah bahan sederhana yang bisa membantu mengatasi masalah gigi sensitif ini.


Minyak Kelapa atau Wijen

Berkumur dengan minyak merupakan cara tradisional di India untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi. Untuk mengatasi masalah gigi sensitif ini, kamu bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak wijen untuk mengatasinya.

Penelitian pada tahun 2009 menyebut bahwa berkumur menggunakan minyak wijen bisa membantu meredakan masalah gusi. Sebuah penelitian lain mengungkap bahwa minyak kelapa dapat menurunkan potensi terbentuknya plak.

Daun Jambu Biji

Mengunyah dua atau tiga helai daun jambu biji bisa mengurangi masalah gigi sensitif dan sakit. Penelitian pada tahun 2017 mengungkap bahwa jambu biji memiliki pereda rasa sakit, anti pembengkakan, dan kandungan antimikrobial. Mengunyah daun buah ini bisa membantu meredakan sakit gigi.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang kaya dengan mangan, vitamin B6, dan vitamin C. Ketika kamu mengunya dua hingga tiga siung bawang putih, senyawa bernama allicin diproduksi. Senyawa ini memiliki kandungan antimikrobial dan mampu membunuh bakteri penyebab penyakit mulut yang dapat menyebabkan kerusakan terutama pada gigi sensitif.

Kumur Air Garam

Berkumur menggunakan air garam dapat membantu melawan pembentukan bakteri di mulut dan sangat baik untuk kebersihan mulut. Sebuah penelitian pada tahun 2017 mengungkap bahwa air garam merupakan kandungan yang efektif untuk mengurangi plak di mulut.

Kunyit

Kunyit merupakan bumbu yang cukup umum ditemui di rumah-rumah dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Kunyit mengandung curcumin yang dapat meredakan sakit gigi.

Untuk mendapat manfaat sehat ini, campur kunyit dan air bersama. Lalu oleskan pasta tesebut pada gusi dan gigi yang tengah sakit atau sensitif

Sejumlah bahan sederhana tersebut bisa digunakan untuk mengatasi terjadinya masalah gigi sensitif. Namun jika masalah tidak kunjung terselesaikan, kamu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Sakit gigi

Berita Lainnya