News

Fahri Hamzah Semprot Susi yang Tak Setuju Ekpor Benih Lobster : Nelayan Tidak Sekaya Ibu !

Baharuddin Kamal - 28/11/2020 18:00
Politikus Partai Gelora, Fahri Hamzah.

Beritacenter.COM - Politikus Partai Gelora sekaligus seorang eksportir benih lobster, Fahri Hamzah menyoroti pernyataan mantan Menteri KP Susi Pudjiastuti yang selalu menentang adanya ekspor benur. Menurut Fahri, pakan untuk lobster itu mahal dan nelayan tak sekaya Susi.

Fahri mengatakan jika nelayan tak dapat menunggu lama hingga lobster berukuran besar. Ia menuturkan jika nelayan juga membutuhkan uang untuk makan.

"Rakyat gak bisa nunggu, ini aja dijalankan dulu," ujar Fahri, dikutip dari YouTube Najwa Shihab yang diunggah 26 November 2020.

Fahri menuturkan lebih baik aturan yang ada saat ini dijalankan terlebih dahulu sambil pemerintah membawa kesepakatan dengan Tiongkok untuk membeli dari nelayan lokal.

"Jangan korbanin nelayan, ibu Susi kaya, nelayan tidak sekaya Bu Susi, Ibu...nelayan ga bisa nunggu," tutur Fahri.

Fahri menceritakan, saat kebijakan ekspor baby lobster ini dibuka, nelayan menyambut gembira. Mereka bahagia dan pesta dengan kebijakan tersebut.

Sebab dalam aturan tersebut, harga beli ke nelayan sudah ditetapkan yakni di atas Rp 5.000. Kepastian harga yang baik ini membuat nelayan tersenyum lebar.

Bahkan saat adu harga dengan pengusaha, ada nelayan yang menawarkan di atas Rp 10.000. Sedangkan harga ekspor baby lobster di bawah 1 dollar AS. Fahri mengungkapkan jika dia mengalami kerugian ketika mengekspor benih lobster.

Belum ditambah biaya cukai, karantina, dan lainnya, jadilah pengusaha rugi. Tak tanggung-tanggung, perusahaannya yang baru dua kali ekspor, mengalami kerugian besar. Kerugian pertama mencapai Rp 200 juta, kerugian kedua di angka Rp 180 juta.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Ekspor Benih Lobster Mantan Menteri KP Susi Pudjiastuti Politikus Partai Gelora Fahri Hamzah.

Berita Lainnya