News

Gempa 4,9 Magnitudo Guncang Aceh Siang Tadi, Ini Penyebabnya...

Baharuddin Kamal - 03/12/2020 16:08
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo (M) mengguncang wilayah Langsa, Aceh. Gempa tersebut diduga akibat aktivitas sesar di Zona Struktur Sabuk Lipatan-Sesar Anjak Langsa.

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada siang tadi, Kamis (3/12/2020), merupakan jenis gempa dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu," kata Kabid Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis.

Dia menyebutkan, guncangan dirasakan di wilayah Langsa, Ramiah, Kemuning, Tualancut, dan sekitarnya. Gempa M 4,9 ini dirasakan dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) III.

"Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," sebut Daryono.

Titik koordinat gempa berada di 4,61 Lintang Utara dan 97,82 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km arah barat laut Kota Langsa, pada kedalaman 8 km. Sebelumnya, gempa tersebut juga pernah terjadi di lokasi yang sama pada 2018.

"Di lokasi yang sama pada 27 September 2018 pukul 00.51 WIB juga pernah terjadi gempa berkekuatan 5,1. Gempa ini memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault). Gempa saat itu guncangannya lebih kuat daripada yang terjadi saat ini, karena dirasakan di daerah Langsa dalam skala intensitas III-IV MMI," papar Daryono.

"Banyak warga Langsa berlarian ke luar rumah akibat terkejut oleh guncangan yang terjadi secara tiba-tiba. Guncangan gempa juga dirasakan di Takengon, Medan, dan Kabanjahe dengan skala intensitas II MMI," imbuhnya.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Gempa Bumi Bencana Alam BMKG Gempa di Aceh

Berita Lainnya