News

Pondok Ranggon Penuh, Pemakaman Jenazah Covid-19 Muslim Dialihkan ke TPU Tegal Alur

Anas Baidowi - 04/12/2020 17:25
TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur

Beritacenter.COM - Jenazah COvid-19 muslim akan dimakamkan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. Pengalihan ini dilakukan karena Lahan TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur sudah penuh.

"Sekarang protap COVID muslim itu dimakamkan di Tegal Alur, Jakarta Barat, dari dinas dirujuknya karena masih ada lokasi di sana. Sampai akhir tahun mungkin masih mencukupi," ujar Pengawas Khusus Pemakaman Protap COVID-19 TPU Pondok Ranggon Muhaemin, Jumat (4/12/2020).

Muhaemin menyebut sistem tumpang untuk jenazah baru di makam pasien COVID-19 tidak memungkinkan. Apalagi semua jenazah COVID-19 belum ada yang berusia lebih dari 3 tahun.

"Yang ditumpang itu bukan makam pasien COVID, jadi COVID ini kan baru masuk 9 bulan yang lalu. Dan kalau COVID juga pakai wrapping-an tidak mungkin juga kita lakukan penggalian sebelum 3 tahun," tuturnya.

Muhaemin menerangkan jika pembusukan jenazah COVID-19 memakan waktu yang lebih lama dibandingkan pada umunya. Pembusukan bisa 3 tahun. Sementara jenazah pada umumnya hanya perlu waktu 12 bulan untuk membusuk.

"Kan jenazah di dalam masih utuh, proses pembusukan agak lama karena menggunakan wrapping. Wrapping itu sejenis kantong plastik, kantong jenazah. Kalau muslim umum, itu 12 bulan itu sudah mengering, hanya tinggal kerangkanya. Dagingnya pun sudah mengering. Karena dia tidak menggunakan formalin, tidak menggunakan wrapping-an," ungkap Muhaemin.

Terkait sitem tumpang makam, Muhaemin menjelaskan bahwa sistem tersebut hanya berlaku untuk makam jenazah umum, bukan makam jenazah COVID-19.

"Yang tumpang itu jenazah makam lama, bukan khusus COVID. Contoh nih ada orang Cipayung dulu memiliki makam di Pondok Ranggon 3 tahun lalu. Kemudian sekarang ada keluarga menyusul meninggal menggunakan protap COVID muslim," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Covid-19 Jenazah COVID-19 TPU Pondok Ranggon TPU Tegal Alur

Berita Lainnya