News

Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, PDIP Minta Sosialisasi Skala Prioritas Diberikan ke Masyarkat

Tidak kalah penting adalah sosialisasi skala prioritas itu benar-benar sampai ke masyarakat sehingga masyarakat paham dan memahami sehingga bisa sabar untuk menunggu mendapatkan kesempatan

Aisyah Isyana - 07/12/2020 11:35

Beritacenter.COM - Vaksin virus Corona buatan Sinovac telah tiba di Indonesia. Politikus PDIP Rahmad Handoyo mengingatkan pemerintah untuk gencar mensosialisasikan mekanisme pemberian vaksin, agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarkat.

"Tidak kalah penting adalah sosialisasi skala prioritas itu benar-benar sampai ke masyarakat sehingga masyarakat paham dan memahami sehingga bisa sabar untuk menunggu mendapatkan kesempatan," kata Handoyo, kepada wartawan, Senin (7/12/2020).

"Penentuan dan sosialisasi skala prioritas ini sangat penting biar di masyarakat tidak muncul gejolak dan pertanyaan, baru kita urai siap saja prioritas itu," lanjutnya.

Baca juga :

Dengan adanya sosialisasi dan pemberian informasi yang jelas terkait vaksin, Handoyo berharap, tidak ada timbul persepsi lain terhadap vaksin di masyarakat. Dengan begitu, masyarkat dapat sabar menunggu giliran untuk mendapat vaksinasi.

"Ya rakyat harus tau info skala prioritas kepada siapa yang menerima vaksin dan informasi itu harus benar sampai ke rakyat. Sehingga rakyat tau kapan gilirannya, Dan rakyat juga sabar dan harus maklum proses di lapangan tidak semudah dibayangkan memvaksin jutaan orang butuh kesabaran kerja tidak gampang," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 1,2 juta vaksin Sinovac sudah tiba di Indonesia, Minggu (6/7). Nantinya, pemerintah juga akan mendatangkan 1,8 juta vaksin lagi serta puluhan juta bahan curah vaksin.

"Satu kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji klinis di Bandung sejak Agustus 2020 yang lalu. Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021," kata Jokowi dalam konferensi pers, Minggu (6/12) malam.

"Selain vaksin dalam bentuk jadi dalam bulan ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin dan di bulan Januari sebanyak 30 juta dosis vaksin yang dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma," lanjutnya.

Meski vaksin sudah tiba di Indonesia, Jokowi tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan menerapkan 3M.

"Terakhir meski vaksin sudah ada kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan, selalu harus terus kita lakukan. Semoga Tuhan yang Maha Esa memberkahi kita semua untuk bisa melewati ujian wabah ini. Terima kasih," tuturnya.

TAG TERKAIT :
PDIP Presiden Jokowi Virus Corona Vaksin Corona Pandemi COVID-19 Vaksin Covid-19 Vaksin Sinovac

Berita Lainnya