Opini

Musuh dalam Selimut Jokowi

Indah Pratiwi Budi - 08/12/2020 09:28
Oleh : Herry Tjahjono

Tentu saja kasus korupsi oleh kedua menteri menjadi pukulan telak bagi presiden Jokowi. Setidaknya ada dua aspek kepemimpinan yang gagal : rekrutmen, dan monitoring sebagai pemimpin tertinggi.

Jokowi harus bekerja super keras bukan melulu soal membangun infrastruktur fisik lagi, namun juga infrastruktur organisasi kabinetnya. Jika tidak, kekuasaannya kelak akan berakhir anti klimaks.

Dari aspek strategi politik, semakin jelas bahwa musuh Jokowi teramat banyak. Selain musuh dan srigala politik kasat mata yang sudah kita kenal selama ini, namun ternyata juga banyak musuh dalam selimut Jokowi.

Musuh dalam selimut itu salah satunya yang berbahaya adalah para pembantunya, yang selain tak kompeten - namun juga bejat moral. Mereka tak kalah membahayakan dibanding para srigala politik. Mereka akan mendelegitimasi moral kepemimpinan Jokowi sebagai pemimpin tertinggi.

Karenanya, betapapun kecewanya kita - bukan waktunya kita membiarkan Jokowi sendirian. Musuhnya, sekali lagi - teramat banyak. Termasuk "musuh" dalam selimutnya.

 

Sumber : Status Facebook Herry Tjahjono

TAG TERKAIT :
KPK Korupsi Kasus Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi Menteri Jokowi Terkena Korupsi

Berita Lainnya

LBP MENGGUGAT

Opini 24/09/2021 12:00