News

Kawal 23 Pilkada di Sumut, 18.500 Personil TNI dan Polri Disiagakan

Dewi Sari - 08/12/2020 16:00

Beritacenter.COM - Sebanyak 18.500 personel gabungan dari Polri dan TNI ditejunkan dalam pengamanan Pilkada di 23 Kabupaten/ Kota di Sumut pada Rabu (9/12).

“Personel Polri ada 12.000 ribu yang disiapkan. Kami di-back-up Kodam Bukit Barisan dengan jajaran, Korem/Kodim, itu jumlahnya 6.500 personil,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, seusai melepas patroli gabungan dalam rangka pengamanan pilkada di Jalan Pengadilan Medan, Selasa (8/12).

Para personel nantinya akan berjaga jaga di sejumlah titik rawan pencoblosan di seluruh TPS di wilayah Sumut. Sementara untuk wilayah terjauh yaitu di Nias sudah diberangkatkan, Sabtu (5/12).

Martuani mengatakan, pihaknya menggelar patroli gabungan hari ini untuk menunjukkan kesiapan TNI dan Polri dalam pengamanan pilkada serentak.

"Patroli gabungan skala besar ini serentak dilakukan di 23 kabupaten dan kota di Sumut yang menggelar pilkada serentak 2020. Selain itu, patroli ini juga sebagai wahana untuk mengimbau warga menggunakan hak politiknya dalam memilih calon kepala daerah," ucapnya.

Sementara itu, Pangdam I Bukit Barisan Mayjend Hasanuddin menyatakan pihaknya terus bersinergi dengan Polda Sumut untuk menjaga kekondusifan wilayah ini. Dia berharap pilkada bisa berlangsung dengan tertib dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami yakinkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara maksimal. Yakinilah kegiatan ini bisa terlaksana dengan tertib dan sesuai protokol kesehatan,” ucapnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pilkada Pilkada Serentak

Berita Lainnya