News

Mendagri Minta Petugas TPS Tegas, Imbau Pemilih Pulang Setelah Nyoblos

Setelah itu, harus tegas, aparat keamanan, (pemilih) setelah nyoblos pulang. Kalau masalah penghitungan suara, sudah ada saksi masing-masing

Aisyah Isyana - 08/12/2020 17:54

Beritacenter.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bicara soal pelaksanaan pencoblosan Pilkada 2020 yang akan digelar besok. Tito berpesan agar para petugas di tempat pemungutan suara (TPS) dapat bersikap tegas untuk meminta pemilih pulang setelah mecoblos.

Tito sebelumnya menyebut pihak KPU telah mengantisipasi kerumunan di TPS dengan mengatur jadwal masing-masing orang saat mencoblos. Menurutnya, langkah itu dinilai efektif dalam mencegah terjadinya kerumunan.

Baca juga :

"Kalau sudah semua TPS mengundang. Pemilih dengan jamnya, itu tidak terjadi penumpukan," ucap Tito kepada wartawan usai rapat koordinasi kesiapan Pilkada, di gedung Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (8/12/2020).

Tito berharap, tak ada kerumunan di TPS saat digelarnya pencoblosan besok. Dia meminta petugas dan aparat keamanan yang berjaga dapat meminta pemilih pulang setelah mencoblos.

"Setelah itu, harus tegas, aparat keamanan, (pemilih) setelah nyoblos pulang. Kalau masalah penghitungan suara, sudah ada saksi masing-masing," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman memastikan pihaknya siap melaksanakan proses pencoblosan Pilkada 2020. KPU juga menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan guna mengawasi proses Pilkada.

"Mereka sudah siapkan petugasnya, di kecamatan-kecamatan, di puskesmas-puskesmas. Dalam hal terjadi kondisi terkait kesehatan, mereka bisa mengambil tindakan," kata Arief dalam kesempatan yang sama.

Tak hanya itu, Arief juga memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, akan diterapkan di TPS-TPS. Untuk itu, Arief juga meminta masyarkat untuk tak khawatir saat datang ke TPS untuk menyoblos.

"Protokol kesehatan sudah adopsi dalam peraturan KPU, sehingga dalam pelaksanaan pemungutan suara, prinsip menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, sudah kita atur tinggal butuh kepatuhan dari kita semua," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Tito Karnavian Mendagri Pilkada Serentak TPS Pencoblosan

Berita Lainnya