Nasional

Mahfud MD Nilai Pilkada Serentak 2020 Sukses Tak Timbulkan Klaster Covid-19

Baharuddin Kamal - 14/12/2020 21:21
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Beritacenter.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai bahwa penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di masa pandemi berlangsung sukses dan tidak memunculkan klaster baru Covid-19.

Terkait hal itu, Mahfud mengucapkan rasa syukur bahwa pemerintah tekah berhasil mengatasi kekhawatiran di tengah masyarakat.

"Kami bersyukur berhasil mengatasi kekhawatiran, kecemasan yang dulu muncul ketika pilkada serentak ini akan dilaksanakan di dalam suasana Covid," ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/12/2020).

Dia mengungkapkan, sebelumnya ada beberapa masukan yang maminta untuk menunda pelaksanaan Pilkada 2020. Salah satu kekhawatiran yakni munculnya klaster baru jika pilkada tetap di langsungkan.

Akan tetapi, pemerintah tetap melanjutkan mengambil keputusan untuk melanjutkan gelaran Pilkada dengan tetap mempertimbangkan berbagai masukan masyarakat. Walaupun, Covid-19 pun masih ada.

"Semua saran kita tampung kita ajarkan protokol kesehatan dan alhamdulillah belum ada kasus bahwa kerumunan pilkada itu menjadi kluster baru. Apakah covid itu masih ada? Masih," ungkapnya.

Dia menuturkan, tingkat partisipasi pemilih dalam tahapan Pilkada Serentak periode ini meningkat sebesar 6,8 persen. Sebelumnya, kata Mahfud, di Tahun 2015 69,2 persen.

"Tingkat partisipasi, alhamdulillah meningkat. Dulu partisipasi kita di pilkada serentak 2015 itu adalah 69,02 persen, sekarang naik menjadi 75,82 persen jauh lebih tinggi dari pemilihan yang ada di Amerika," ucapnya.

Dia pun memberikan apresiasi atas kepedulian masyarakat, baik yang setuju Pilkada ditunda maupun yang setuju Pilkada tetap dilaksanakan. Menurutnya, itu semua, menjadi bukti bahwa masyarakat cinta terhadap bagsa.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh ormas-ormas, kepada LSM yang secara objektif mensyukuri keberhasilan Pilkada yang dulu dikhawatirkan bersama ini," ucapnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pilkada Menko Polhukam Mahfud MD Pilkada Serentak 2020 Virus Corona Pandemi COVID-19

Berita Lainnya