News

Polri Beberkan Peran 4 Laskar FPI yang Disebut Kabur saat Penembakan di Km 50

Aisyah Isyana - 14/12/2020 20:58

Beritacenter.COM - Polisi mengungkap peran empat anggota laskar Front Pembela yang disebut kabur saat insiden penembakan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 50. Polisi menyebut empat laskar FPI yang kabur itu sempat menabrak bagian depan sisi kanan mobil polisi.

"Terkait perannya, keempat orang tersebut, pada saat kejadian berada di dalam sebuah mobil Avanza, yang saat kejadian ikut menghalangi mobil petugas, bahkan menabrak mobil petugas pada saat rekonstruksi," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2020).

"Menabrak di bagian depan kanan. Setelah menabrak, kemudian melarikan diri, itu perannya," sambungnya.

Baca juga :

Adapun insiden mobil yang ditumpangi laskar FPI menabrak kendaraan polisi itu diketahui berada di TKP 1 saat rekonstruksi. Ramadhan menyebut TKP 1 saat rekontruksi berada di depan Hotel Hotel Novotel, Karawang.

"Itu TKP-nya di depan Hotel Novotel Karawang, yang tadi malam waktu reka ulang atau rekonstruksi. Dia TKP pertama. Ada 4 TKP. Jadi di depan Novotel Karawang," ujarnya.

Sekedar diketahui, insiden penembakan terhadap laskar FPI terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12) dini hari. Sebagaimana kronologi yang dijabarkan polisi, diketahui ada 10 anggota laskar FPI yang terlibat kontak tembak dengan polisi.

"Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur, sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS yang berjumlah 10 orang, meninggal sebanyak 6 orang," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, di kantornya, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin (7/12).

"Untuk yang 4 lainnya melarikan diri," imbuhnya.

Terkait kasus ini, polisi telah menggelar rekontruksi insiden penembakan laskar FPI. Rekontruksi itu digelar polisi di 4 lokasi tempat kejadian perkara (TKP). Adapun lokasi pertama berada di Jalan Internasional Karawang Barat, Margakaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tepatnya di dekat Bundaran Novotel Karawang.

Sementara lokasi rekontruksi kedua berada di Jembatan Badami, Margakaya, Kabupaten Karawang. Lokasi rekontruksi ketiga dan keempat berada di Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di rest area Km 50 dan Km 51+200.

Pada prosesnya, terdapat 58 adegan yang diperagakan polisi dalam rekontruksi tersebut. Di TKP 1 ada 9 reka adegan, TKP 2 ada 4 adegan, di TKP 3 ada 1 adegan, dan di TKP 4 ada 14 adegan.

TAG TERKAIT :
POLRI Tol Jakarta-Cikampek FPI Habib Rizieq Shihab Laskar FPI Rekontruksi Penembakan Laskar FPI

Berita Lainnya