News

Bareskrim Polri Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Jaringan Internasional dengan Nilai Rp276 Miliar

Baharuddin Kamal - 17/12/2020 02:00
Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Beritacenter.COM - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri berhasil mengungkap kasus penipuan jaringan internasional yang bekedok Bussiness Email Compromise (BEC) hingga nilai kerugian Rp276 miliar.

Kasus tersebut terungkap setelah pihak kepolisian menerima informasi dari Interpol Belanda pada 3 November 2020. "Kemudian ditindaklanjuti oleh Bareskrim Polri yang bekerja sama dengan PPATK dan dimana korban dari modus operandi BEC ini perusahaan Belanda," ujar Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Listyo mengungkapkan, modus pelaku dalam penipuan ini dengan cara mengirimkan email terkait perubahan nomor rekening. Setelah itu korban transfer ke rekening atas nama CP Bio Sensor yang merupakan perusahaan fiktif sejumlah USD3,9 juta atau Rp52,3 miliar.

Petugas kemudian bergerak cepat dan mengamankan tersangka ODC warga negara Nigeria yang diketahui merupakan otak dari kasus penipuan tersebut dan satu tersangka lainnya yakni Hafiz yang bertugas untuk dokumen fiktif dan seolah-olah menjadi direktur perusahaan tersebut.

Petugas juga turut mengamankan dua orang lain beranama Dani dan Nurul yang membantu berjalannya penipuan tersebut.

"Kita juga menyita dokumen fiktif dan uang hasil kejahatan sejumlah Rp27 miliar dan ditambahkan seluruhnya ternyata Emeka dan Hermawan ini sudah beberapa kali melakukan kejahatan di modus yang sama," ungkap Listyo.

Listyo menambahkan korban penipuan tersebut dari berbagai negara mulai dari WN Yunani, Argentina, Jerman, dan Italia. Dari hasil kejahatan itu, tersangka memanfaatkan hasil kejahatan itu dengan membeli valas, aset, tanah, mobil, dan rumah.

Akibat perbuatannya, tersangka bakal dijerat Pasal 56 KUHP dan Pasal 3 dan atau Pasal 4 dan atau Pasal 5 dan atau Pasal 6 dan atau Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang tentang Perasuransian.

TAG TERKAIT :
POLRI Bareskrim Polri Berita Center Kasus penipuan Jaringan Internasional Komjen Listyo Sigit Prabowo

Berita Lainnya