Politik

Isu Reshuffle Kian Menguat, Jokowi Bakal Segera Kenalkan Calon Menteri?

Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden, bisa pagi atau siang

Aisyah Isyana - 22/12/2020 00:21

Beritacenter.COM - Pasca Presiden Joko Widodo menggelar rapat dengan Wapres Ma'ruf Amin, isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kian santer bergulir. Jokowi bahkan dikabarkan akan segera memanggil beberapa calon menteri ke Istana dalam waktu dekat.

Dikatakan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Presiden Jokowi disebut akan segera memperkenalkan calon menteri-nya ke publik. Namun, kapan waktunya akan kembali ditentukan oleh Jokowi sendiri.

Baca juga :

"Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden, bisa pagi atau siang," kata Budi lewat pesan singkat, Senin (21/12/2020).

Sebelumnya, Presiden Jokowiudiketahui menggelar rapat bersama Wapres Ma'ruf Amin di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/12) sekira pukul 10.00 WIB hingga siang hari. Jubir Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidowi menyebut rapat antara Presdeuin dan Wapres membahas situasi terkini, tak menutup kemungkinan soal reshuffle.

"Ya kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam, saya nggak tahu, karena nggak ada penjelasan," kata Masduki, Senin (21/2).

Namun, Masduki memastikan rapat Jokowi-Ma'ruf tak melibatkan jajaran menteri. Jokowi dan Ma'ruf hanya menggelar rapat berdua. "Nggak (sama menteri), kalau itu pembicaraan antara Pak Jokowi dan Pak Wapres," kata Masduki.

Sekedar diketahui, isu reshuffle kian gencar berhenbus usai Menteri KP Eddhy Prabowo dan Mensos Juliari Batubara terjaring OTT KPK terkait dugaa korupsi. Sejumlah parta seperti PPP dan NasDem menyarankan agar Jokowi melakukan reshuffle secepatnya, lantaran tak ingin adanya kekosongan kursi menteri menghambat kinerja di kementerian.

"Kalau melihat situasi terkini, reshuffle merupakan kebutuhan. Paling tidak sebelum 2020 berakhir semua pos kementerian sudah terisi sehingga tahun 2021 bisa langsung nyetel lagi dengan program-program untuk menerjemahkan visi-misi presiden," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi.

TAG TERKAIT :
Presiden Jokowi Menteri Jokowi Wapres Ma'ruf Amin Kabinet Indonesia Maju Isu Reshuffle Menteri

Berita Lainnya