Opini

KETIKA JOKOWI MENJADI TOKOH MUSLIM PALING BERPENGARUH DI DUNIA, RIZIEQ KEMANA?

Indah Pratiwi Budi - 22/12/2020 20:00
Oleh : Agung Wibawanto

Setiap tahun, Pusat Studi Islam Strategis Kerajaan Yordania merilis daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Terbaru, lembaga tersebut telah merilis daftar 500 tokoh muslim berpengaruh untuk edisi 2021. Tokoh-tokoh yang terpilih berasal dari berbagai latar belakang suku bangsa, negara, dan profesi.


Di peringkat pertama ada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, disusul oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud di peringkat kedua. Lalu, di peringkat ketiga ada Ayatollah Ali Khamenei yang merupakan pemimpin tertinggi Republik Islam Iran. Daftar 500 muslim berpengaruh dunia ini dibagi menjadi dua bagian, yakni 50 besar dan 450 nama tokoh lainnya.


Masih sama seperti tahun lalu, Presiden RI Joko Widodo menempati urutan ke 12. Sementara Said Agil Siradj pada posisi 18, dan Habib Luthfi di posisi 32. Pemeringkatan secara urut dilakukan di kategori 50 besar, sedangkan 450 nama lainnya tidak diperingkat secara numerik melainkan dikelompokkan berdasar kiprahnya di berbagai bidang, salah satunya keilmuan.


Di bidang keilmuan, dua orang cendekiawan asal Indonesia masuk ke dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh edisi 2021. Pertama, ada Achmad Mustofa Bisri atau lebih dikenal sebagai Gus Mus, cendekiawan muslim yang dikenal karena pemikiran dan karya-karyanya di bidang sastra serta kebudayaan. Kedua, ada Ahmad Syafii Maarif atau dikenal juga sebagai Buya Syafii, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1998-2005 dan pendiri Maarif Institute.


Lha, lantas ke mana sosok Imam Besar yang begitu diangungkan oleh kaum Supen? Ah, dia hanya besar di tingkat Petamburan saja. Bahkan untuk tingkat nasional Indonesia, dia kecil bukan apa-apa, apalagi untuk tingkat dunia? Bagi yang masih bisa berpikir waras, silahkan dipahami baik-baik, apa yang sudah dilakukan Rizieq untuk umat Islam? Rekaman dan jejak digital kini bisa dengan mudah diakses sehingga masyarakat tahu benar tidaknya.


Sebut satu saja amalan Rizieq buat umat muslim Indonesia (boro-boro dunia) yang patut dicatat tinta emas. Bukan pula untuk keluarga dan golongannya saja. Ada tidak? Lalu jika ingin dibandingkan dengan apa yang sudah dilakukan Jokowi untuk umat Islam di Indonesia, pastilah jauh banget. Jokowi sangat memperhatikan ponpes dengan mengunjungi juga menyantuni bahkan turut mendirikan beberapa ponfok.


Jokowi menjadikan santri sebagai hari nasional. Ia santun dan hormat serta memiliki hubungan baik dengan para tokoh ulama senior yang mau bersama-sama membangun Indonesia. Mendorong pula pembangunan Universitas Islam Indonesia Internasional sebagai pusat kajian Islam dunia. Merenovasi Istiqlal, dan terpenting memberi ruang yang lebih dari cukup bagi kelompok Islam.


Terutama dalam menyampaikan aspirasinya (spt aksi yang dilakukan Rizieq cs). Selama ini tidak pernah dihalangi. Aksi 1812 pun tidak dihalangi sepanjang mematuhi protokol kesehatan yang salah satunya harus rapid test. Tapi peserta aksi tidak mau, maka terpaksa dibubarkan. Bicara muslim internasional, Jokowi konsisten mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Mengunjungi Muslim Rohingya dan Kabul, Bangladesh.


Terakhir, Jokowi dan 4 tokoh Indonesia yang masuk 500 muslim berpengaruh di dunia, mereka selalu bertutur kata halus, tidak mencela orang dan insha Alloh manfaat. Tidak seperti Rizieq dan pengikutnya yang entah kenapa selalu demen teriak-teriak diiringi caci maki lalu menuding-nuding orang dengan kafir, thogut, dajjal, bid'ah dll. Sebuah perilaku yang jauh dari Nabi panutan kaum Islam sendiri. (Awib)

 

Sumber : Status Facebook Agung Wibawanto

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Presiden Jokowi Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Berita Lainnya

ABAS PENDENDAM

Opini 25/02/2021 18:45

Ahli Silat Kata

Opini 25/02/2021 13:37