Kriminal

Pak Haji Pengurus Masjid Nyambi Urus Bisnis Sabu

Anas Baidowi - 24/12/2020 11:20
kakek yang ditangkap karena bantu bisnis sabu anaknya yang mendekam di Lapas

Beritacenter.COM - Direktorat Narkoba Polda Sumatra Selatan (Sumsel) menangkap delapan orang pengedar narkoba. Yang mengejutkan, salah satu dari kedelapan tersangka tersebut merupakan seorang pengurus Masjid.

Pengurus masjid tersebut yakni Haji Wahab. Kakek 60 tahun ini mengurus bisnis barang haram milik anaknya yang tengah menjalani masa tahanan di lapas di wilayah Tangerang, Banten.

Penangkapan bermula saat kurir yang diutus pak haji bernama Riko tertangkap di wilayah Banyuasin, Sumatra Selatan. Polisi pun mengamankan barang bukti berupa 2 kg sabu dan 5.000 ribu butir ekstasi dari tangan Riko.

“Dari keterangan tersangka Riko, dirinya disuruh oleh Haji Wahab untuk mengambil barang haram tersebut. Sedangkan Haji Wahab ini mengaku atas perintah anaknya yang mendekam dalam lapas di Tangerang untuk mengambil narkoba di Banyuasin,” ujar Wakil Direktur Narkoba Polda Sumatra Selatan, AKBP Djoko Lestari, Rabu (23/12/2020).

Kakek yang kesehariannya mengurus masjid terus mengelak, ia mengaku tak tahu terkait peredaran barang haram tersebut. Menurutnya, ia segaja diseret Riko lantaran saat tertangkap, Riko memakai motor pinjaman dari pak haji.

“Dia (Riko) pinjam motor saja,” kata kakek Wahab.

Diketahui, barang bukti dari tersangka Haji Wajab dan Riko juga turut dimusnahkan dengan cara diblender dan dicampur deterjen, Rabu (23/12/2020). Pemusnahan dipimpun langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri.

“Sangat prihatin dan menyayangkan. Untuk memberantas narkoba dibutuhkan laporan serta peran dari seluruh masyarakat akan bahaya narkoba,” kata Kapoda.

Kapolda berkomitmen akan menindak tegas para pengedar narkoba. Sebagai pencegahan, dalam hal ini kampung tangkal Covid-19 yang dibentuk bisa juga melakukan penanganan terkait narkoba di seluruh pelosok wilayah sumatra selatan.

“Polisi akan terus melakukan pengembangan jaringan narkoba terkait tujuan pengiriman serta bandar sebagai pemasok narkoba,” katanya.

 

TAG TERKAIT :
Narkoba Narkotika Kasus Narkoba Sabu Ekstasi Berita Center

Berita Lainnya