Teknologi

Robot Pembunuh Virus Covid-19 Telah Beroperasi di Bandara Florida

Anas Baidowi - 25/12/2020 18:56
Penampakan robot pembunuh virus Covid-19

Beritacenter.COM - Robot yang dirancang untuk membunuh bakteri dan virus, termasuk virus Covid-19 kini ulai beroperasi di Bandara Internasional Key West Florida. Robot tersebut bekerja dengan memancarkan sinar ultraviolet intensitas tinggi, sehingga dapat membunuh bakteri dan virus baik yang ada di permukaan maupun di udara.

Direktur bandara untuk Monroe County, Richard Strickland mengatakan bahwa robot tersebut bernilai Rp1,4 miliar. Ia rela merogoh kocek demi memberikan perlindungan kepada penumpang di era pandemi.

“Penumpang harus tahu bahwa saat mereka melakukan perjalanan ke Bandara Internasional Key West dan memanfaatkan fasilitas di sini, kami telah melakukan segala upaya yang mungkin untuk melawan Covid-19 untuk melindungi keselamatan penumpang,” kata Strickland, seperti dilansir dari AP, Jumat (25/12/2020).

Robot buatan UVD Robots Denmark itu dilengkapi dengan lampu UV vertikal yang dipasang di pangkalan robot bergerak. Tingginya hampir 6 kaki (sekitar 1,8 meter) dan beratnya lebih dari 300 pon (sekitar 136 kilogram).

James Malley, seorang profesor di University of New Hampshire mengungkapkan bahwa sinar ultraviolet telah digunakan selama beberapa dekade sebagai disinfektan, tetapi memiliki keterbatasan.

"Lampu UV harus digunakan sebagai penghalang tambahan terhadap infeksi, bukan sebagai pengganti pembersihan tradisional, menjaga jarak sosial dan memakai masker," kata Malley.

TAG TERKAIT :
Teknologi Berita Center Covid-19 VIRUS COVID-19 Robot Pembunuh Virus Bandara Florida

Berita Lainnya