Peristiwa

Banjir Bandang Terjang 4 Desa di Mojokerto, Ratusan Rumah Terendam

Anas Baidowi - 28/12/2020 11:53
Jembatan di Mojokerto yang ambrol diterjang banjir bandang

Beritacenter.COM - Banjir Bandang menerjang Empat desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto pada Senin (28/12/2020). Keempat desa tersebut yakni Desa Talun, Pulorejo, Banyulegi dan Desa Suru. Keempat desa tersebut berada di tepi aliran Sungai Lamong.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, dua jembatan di Dusun Banyulegi dan Suru ambrol dan ratusan rumah terendam.

Berdasarkan informasi, hujan deras terjadi sejak sore membuat Sungai Brenjeng meluap dan menerjang pemukiman warga.

Akibatnya, warga yang terdampak harus mengungsi di balai dusun setempat sembari menunggu air surut.

Salah satu warga, Murniati mengatakan, air besar tibat-tiba datang dari atas dan meluap ke rumah-rumau sekitar sungai. Situasi itu membuat warga panik dan berbondong-bondong menyelematkan diri.

“Biasanya banjir, tapi ndak pernah ke situ. Air langsung mendadak dan besar. Ada lima rumah yang rusak, termasuk milik Pak Yo (warga setempat). Tadi malam semua lari-lati dibantu para tetangga dan orang desa,” katanya.

Sementara itu, Petugas Tagana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mojokerto Ashari, mengatakan bahwa pihaknya telah memantau dan melakukan pendataan terhadap rumah yang terdampak banjir bandang tersebut. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menghadapi keluhan warga.

“Banjir ini terjadi akibat hujan lebar sejak Miggu sore. Akibatnya debit air sungai di wilayah Klanting Arid naik meluap ke pemukiman penduduk. Banjir juga terjadi akibat air kiriman dari wilayah pegunungan,” ujarnya.

TAG TERKAIT :
Peristiwa Berita Center Bencana Alam Banjir Bandang Banjir Bandang Mojokerto

Berita Lainnya