Peristiwa

Pengusaha Tahu di Jabar Pilih Naikan Harga Daripada Tidak Produksi

Baharuddin Kamal - 04/01/2021 17:43
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Pembuat tahu di Cibuntu, Kota Bandung, Jawa Barat, tetap masih produksi meski harga kedelai saat ini naik di pasaran. Namun, perajin memberlakukan kenaikan harga pada tahu yang buatnya.

Kepala Produksi Pabrik Tahu NJ Hana Hadiana mengatakan, kenaikan harga kedelai sangat berdampak pada usaha perajin Tahu Cibuntu.

"Berdampak banget. Berdampaknya sih produksi jadi susah, kenaikannya agak lumayan besar," kata Hana di Pabrik Tahun NJ yang berada di Kecamatan Babakan Ciparay, Senin (4/1/2021).

Dia mengatakan, kenaikan harga kedelai sejak Bulan Desember 2020 hingga Januari 2021, cukup signifikan. "Kenaikannya, kemarin Rp 6.800 sekarang sudah sampai Rp 9.400," ujarnya.

Agar tetap produksi, lanjut Hana, pihaknya terpaksa harus menaikkan harga tahu yang diproduksi.

"Kita coba naikkan harga, biasanya dari Rp 350 jadi Rp 400, itu juga belum bisa mencukupi, kita kalau naikkan terlalu mahal konsumen susah, masyarakat belum bisa nerima dengan kenaikan yang mendadak ini," ungkapnya.

Hana menyebutkan, kenaikan harga tahu mulai dari 18-20 persen dari harga biasanya. Hampir Rp 100 kenaikan setiap ukuran tahu kenaikannya.

"Sekarang yang tadinya Rp 400 kita jual Rp 500, tadinya Rp 700 kita jual Rp 800 dan yang tadinya Rp 325 kita jual Rp 375. Kenaikannya 18-20 persen," jelasnya.

Menurutnya, Tahu Cibuntu didistribusikan ke Jabotabek dengan produksi setiap harinya mencapai 3 ton. Karena ada kenaikan harga, hari ini pihaknya baru memproduksi 1 ton.

"Hari ini kita coba 1 ton, Alhamdulillah habis. Tapi belum semua pasar yang ngambil, apalagi kedelainya agak susah, terus biasnya distribusi kedela cepat. Sekarang telat dan kita harus cari kemana-mana," ujarnya.

Pihaknya berharap, kepada pemerintah agar menurunkan kembali harga kedelai dengan harga normal.

"Harapannya normal lagi. Kalau naik boleh-boleh aja, tapi normal aja," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Jawa Barat Berita Center Harga Kedelai Naik Pengusaha Tahu Tahu

Berita Lainnya