Nasional

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir Akan Segera Bebas, Ini Kata Polri...

Baharuddin Kamal - 04/01/2021 18:30
Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir

Beritacenter.COM - Polri akan terus melakukan pemantauan terhadap terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir yang dikabarkan segera bebas murni dari Lapas Gunung Sindur pada 8 Januari 2021.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan, pemantauan tersebut merupakan tugas yang dijalankan oleh pihak kepolisian guna mengawasi agar orang-orang yang pernah melakukan tindak pidana tidak mengulanginya lagi.

"Jajaran intelijen terus awasi orang-orang yang pernah melakukan tindak pidana apapun, pergerakannya akan selalu kita awasi," katanya di Mabes Polri, Senin (4/1/2021).

Dia mengatakan, pihaknya tidak hanya di fokuskan kepada gerak-gerik Abu Bakar Ba'asyir saja, tapi juga eks narapidana teroris lain.

"Sebenarnya bukan khusus, jadi sifatnya setiap orang akan dilakukan pemantauan, jadi bukan khusus terhadap Abu Bakar," tutupnya.

Sebelumnya diketahui, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat, Imam Suyudi menyebutkan bahwa Abu Bakar Ba'asyir telah menjalani proses pidana dengan baik.

"Sudah melalui proses pidana, (Abu Bakar Ba'asyir) itu hari jumat akan kami bebaskan," kata dia di Kantor Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (4/1).

Semua proses pembebasan berkoordinasi dengan stakeholder pengamanan terkait, termasuk dengan Densus 88. Di sisi lain, karena berstatus bebas secara murni, tidak ada persyaratan khusus yang diberlakukan.

Abu Bakar Ba'asyir sendiri divonis 15 tahun penjara. Selama menjalani hukuman, ia mendapatkan remisi selama 55 bulan terdiri dari remisi umum, dasawarsa, remisi khusus, remisi idul fitri dan remisi sakit.

"Jadi tetap kami dan saat ini pun sudah dikoordinasikan dengan Densus terkait pembebasan jumat nanti. Kalau dia pembebasan melalui murni, kalau remisi itu hak," terang dia.

 

TAG TERKAIT :
POLRI Abu Bakar Ba'asyir Berita Center Abu Bakar Ba'asyir Bebas Narapidana Kasus Terorisme

Berita Lainnya