Kesehatan

Alhamdulillah.. 36 Ribu Vaksin COVID-19 untuk Tenaga Medis Tiba di Sumbar

Aisyah Isyana - 05/01/2021 11:12

Beritacenter.COM - Pendistribusian vaksin COVID-19 ke wilayah Sumatera Barat, telah sampai dengan aman. Ada sebanyak 36.920 dosis vaksin virus Corona yang tiba di Sumbar pagi ini. Pengiriman vaksin Sinovac ke Sumbar dilakukan melalui jalur darat dengan pengawalan ketat pihak kepolsian.

"Alhamdulillah, sudah sampai. Jumlahnya 36.920 dosis. Sementara kita simpan dulu sampai ada instruksi pelaksanaan kegiatan vaksin dari pemerintah pusat," kata Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar, Selasa (5/1/2021).

Baca juga :

Sementara soal pelaksanaan vaksinasi masih menunggu intruksi dari pusat, karena Kemenkes juga masih menunggu perizinan dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selanjutnya, vaksin yang telah tiba akan disimpan lebih dulu di Gudang Vaksin milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Pada prosesnya, vaksinasi tahap pertama nanti akan menargetkan para tenaga kesehatan, baik tenaga kesehatan PNS, swasta dan juga relawan. Deri data Dinas Kesehatan Sumbar, jumlah tenaga kesehatan dan relawan yang terdaftar ada sebanyak 40 ribu orang.

"Namun yang akan masuk ke dalam penerima vaksin sekitar 18 ribu orang. Jumlah penerima vaksin hanya setengah dari jumlah dosis vaksin yang ada, karena pada pelaksanaan, masing-masing orang mendapat jatah dua kali penyuntikan," kata dia.

"Tahap pertama ini tenaga kesehatan dulu. Tenaga kesehatan yang belum pernah positif terpapar COVID," ujar Lila.

Sementara untuk tahap kedua, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan ke personel TNI-Polri. Setelah itu, vaksinasi tahap berikutnya akan dilakukan terhadap publik atau masyarakat umum,

Nantinya, vaksin yang telah tiba itu akan didistribusikan ke 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Sementara dosis vaksin yang telah tiba itu diyakini akan cukup untuk vaksinasi tenaga kesehatan dan pekerja di fasilitas kesehatan.

TAG TERKAIT :
Virus Corona Pandemi COVID-19 Vaksin Virus Corona Vaksin Covid-19 Distribusi Vaksin COVID-19

Berita Lainnya