Opini

Langkah Catur yang Cermat, Akurat dan Tepat

Indah Pratiwi Budi - 07/01/2021 09:43
Oleh : Suripman Prasetyo

Kebayang jika saat ini Eks FPI belum dibubarkan, mungkin sidang praperadilan Rizieq Shihab sudah hiruk pikuk oleh kedatangan massa FPI menggeruduk ke kantor Peradilan Negeri saat digelar hari ini Senin (4/1/2012).

Sekalipun Rizieq Shihab tidak hadir dalam persidangan tersebut karena bersamaan ada agenda Rizieq diperiksa oleh Polda metro jaya namun demikian situasi diluar persidangan tetap kondusif.

Polri sendiri sudah mengantisipasi dengan mengerahkan personil keamanan 1.500 pasukan gabungan.


Butuh Strategi cermat Pemerintah dalam menekuk kelompok Islam kanan ini, mengingat prilaku kelompok ini beringasan, serta didukung dengan jumlah massa besar.

Pemerintah tidak ingin terjadi kontak fisik antara kelompok Islam kanan dan polisi. Karena dipastikan bakal menimbulkan kerugian luar biasa besar. Baik materi atau inmateri bahkan korban jiwa.

Jokowi dengan skenario yang dipastikan cukup panjang dan langkah-langkah catur cerdas akhirnya mampu mengatasi kekhawatiran tersebut. Saat FPI dibubarkan, hampir tidak ada perlawanan dari kelompok mereka, apalagi sampai melibatkan bentrok fisik.

Tengok saja, Jokowi hampir tidak pernah selantang Ahok dan Gus Dur yang terang-terangan ingin membubarkan FPI. Wong Solo ini malah cenderung diam dan tak bereaksi apapun. Akibatnya, sebagian publik dibuat kesal atas sikap statisnya itu. Siapa sangka, di balik itu Jokowi rupanya tengah menyusun rencana matang, sebelum akhirnya “Jebred” FPI pun dibubarkan.

Namun begitu, kita semua jangan terus terjebak dalam euforia berlebihan. Pembubaran FPI tidak akan serta merta menghilangkan radikalisme dan intoleransi begitu saja. Buktinya, muncul Front Persatuan Islam yang dihuni oleh tokoh-tokoh yang persis sama.

Kendati begitu, kita patut sedikit bernafas lega. Setidaknya dengan langkah pembubaran ini menjadi sinyal kuat bahwa pemerintah tidak akan tinggal diam lagi menghadapi bentuk-bentuk radikalisme dan intoleransi


Salam Takzim

Sumber : Status Facebook Suripman Prasetyo

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku Pembenci Jokowi Jokowi Tegas dan Berani

Berita Lainnya