Kesehatan

7 Manfaat Konsumsi Mentimun untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan

Dewi Sari - 07/01/2021 22:01

Beritacenter.COM - Mentimun atau timun merupakan sayuran yang sering kita jumpai dimanapun. Mentimun biasanya digunakan sebagai lalapan untuk makan nasi.

Mentimun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita salah satunya adalah bisa membantu untuk menghilangkan dehidrasi.

Seperti dinukil dari Times of India, Rabu (6/1/2021), berikut ini ragam khasiat mentimun untuk kesehatan tubuh.

1. Menghidrasi tubuh

Selain penting mengonsumsi 8 sampai 10 gelas air dan cairan lain dalam sehari, memakan mentimun juga efektif memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Timun memiliki kandungan air hingga 96 persen yang dapat membuat Anda tetap terhidrasi. Ini juga bisa menjadi pilihan camilan yang sehat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mentimun adalah salah satu pilihan penolong penurunan berat badan terbaik dan termudah yang tersedia secara alami. Bahkan, banyak ahli yang menganggapnya sebagai buah yang wajib dimiliki ketika seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan. Mentimun juga mengandung serat dan kandungan air yang baik, dan merupakan pilihan makanan rendah kalori yang sangat baik untuk dikonsumsi.

3. Meredakan pegal dan nyeri sendi

Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, mentimun juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Mereka juga bekerja sebagai agen penyembuhan yang baik dalam kasus nyeri. Studi tertentu menunjukkan bahwa mentimun dengan "efek pendinginan" bisa mencegah dan mengontrol respons peradangan dalam tubuh dan menghasilkan enzim yang baik yang mengurangi rasa sakit.

4. Baik untuk gusi

Mentimun dapat membantu mengatur keseimbangan asam di mulut, menjaga keseimbangan pH, yang membantu tubuh mencegah dan menyembuhkan luka kecil dan luka dalam waktu yang lebih singkat. Mengunyah mentimun secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit gusi dan penyakit gigi.

5. Meningkatkan aliran darah

Mentimun kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan bermanfaat bagi fungsi vital. Antioksidan tinggi yang ada dalam buah-buahan seperti timun dapat membantu mengatur aliran darah, mengatasi radikal bebas, dan meregenerasi pertumbuhan jaringan dalam tubuh.

6. Membantu mengeluarkan racun

Tidak hanya mengatasi dehidrasi, mentimun juga mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, juga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik. Kadar magnesium dan kalium dalam buah ini juga membantu menghilangkan masalah seperti retensi air, kembung, dan penyakit usus.

7. Mengatur tingkat kolesterol

Mentimun mengandung tingkat pektin yang sehat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah, menghilangkan racun, dan menjaga kesehatan jantung. Para ahli juga percaya bahwa timun juga dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan bahkan, hingga titik tertentu, mengontrol peningkatan gula darah. Makan lebih banyak mentimun juga bisa mengatur kadar ROC dan ROS (zat perusak sel yang tercipta saat seseorang memiliki kadar gula darah tinggi).

TAG TERKAIT :
Berita Center Berita kesehatan Manfaat timun Timun

Berita Lainnya