Kesehatan

Awas! Ini Resiko Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan

Baharuddin Kamal - 08/01/2021 18:00
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Tidur terlalu berlebihan dapat memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Tidur berlebihan dapat berisiko terkena stroke.

Pada dasarnya tidur cukup memiliki sangat penting bagi kesehatan. Tidak hanya membuat kita lebih segar, dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes dan beberapa penyakit lainnya.

Dilansir dari Okezone, orang yang tidur sembilan jam lebih setiap malamnya dapat beresiko 23 persen lebih tinggi mengalami stroke. Berbanding berbeda dengan orang yang hanya tidur mencapai 7 sampai 8 jam permalam.

Selain itu, orang-orang yang tidur siang lebih dari 90 menit, memiliki risiko 25 persen lebih tinggi mengalami stroke. Hasil studi ini dipublikasikan secara online di Neurology, jurnal medis dari Akademi Neurologi Amerika.

Penulis Studi Xiaomin Zhang dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong di Wuhan, China mengatakan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana tidur siang yang panjang dan tidur lebih lama di malam hari, dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke.

"Tetapi studi sebelumnya telah menunjukkan, bahwa tidur yang belebihan memiliki perubahan yang tidak menguntungkan dalam kadar kolesterol mereka dan peningkatan lingkar pinggang. Keduanya menjadi salah satu faktor risiko stroke," kata Zhang.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan berolahraga secara teratur dan menciptakan kamar tidur senyaman mungkin. Nantinya tidur jadi lebih enak dan berkualitas.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Indonesia Sehat

Berita Lainnya