News

Ini 3 Nama Vaksin Covid-19 yang Dinyatakan Halal dan Suci Oleh MUI

Anas Baidowi - 08/01/2021 22:40
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan Vaksin Covid-19 yang diproduksi perusahaan asal China, Sinovac halal dan suci untuk digunakan. Hal itu disampaikan Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh usai rapat pleno secara tertutup di Hotel Sultan, Jakarta pada Jumat (8/1/2021).

"Rapat Komisi fatwa menyepakati bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience yang sertifikasinya diajukan Biofarma suci dan halal," tuturnya di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Terdapat 3 nama vaksin yang didaftarkan Biofarma untuk diuji kehalalannya ke MUI, yakni Coronavac, Vaccine Covid-19, dan Vac2 Bio. Ketiganya merupakan vaksin yang diproduksi oleh Sinovac.

“Pertama Coronavac, kemudian yang kedua Vaccine Covid-19, ketiga Vac2 Bio. Tiga nama itu yang didaftarakan untuk satu produk dari produsen Sinovac,” bebernya.

"Artinya yang kita bahas hari ini adalah mengenai produk vaksin Covid-19 dari produsen Sinovac ini bukan yang lain," imbuh Asrorun.

Kendati demikian, Asrorun menyebutkan bahwa fatwa tersebut belum final karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum mengeluarkan izin keamanan ketiga vaksin tersebut.

“Dengan demikian fatwa MUI terkait dengan produk vaksin Covid-19 dari sinovac ini akan menunggu hasil final dari BPOM mengenai aspek ke toyibannya,” tandasnya.

TAG TERKAIT :
MUI Berita Center Fatwa MUI Vaksin Corona Vaksin Covid-19 Vaksin Halal

Berita Lainnya