News

Jokowi : Total Akan Ada 427 Dosis Vaksin Hingga Akhir Tahun, Cukup Capai Kekebalan Komunal

Insyaallah sudah cukup untuk mencapai yang namanya kekebalan komunal. Karena jumlah penduduk yang harus divaksin mencapai kekebalan komunal adalah sebanyak 181.554.000 orang atau 182 juta kurang-lebih

Aisyah Isyana - 10/01/2021 21:25

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut total ada sebanyak 427 juta dosis vaksin COVID-19 yang nantinya akan hingga akhir tahun ini atau sampai awal 2022. Jokowi juga merinci jumlah orang yang akan divaksinasi beberapa bulan kedepan.

"Hingga kurang lebih di akhir tahun ini atau awal tahun depan sudah tiba semuanya sebanyak 426 juta dosis vaksin," kata Jokowi dalam acara HUT ke-48 PDI Perjuangan, Minggu (10/1/2021).

"Di bulan Januari kita akan lakukan vaksinasi sebanyak 5.817.000 vaksin, menginjak bulan Februari 10 juta vaksin, Maret 13,3 juta vaksin, dan April 20,4 juta vaksin yang akan kita kerjakan dan bulan-bulan seterusnya," sambungnya.

Baca juga :

Jokowi menyebut jumllah itu akan cukup untuk vaksinasi dan mencapai kekebalan komunal. Untuk Indonesia, jumlah penduduk yang harus menjalani vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal, yakni sebanyak 182 juta.

"Insyaallah sudah cukup untuk mencapai yang namanya kekebalan komunal. Karena jumlah penduduk yang harus divaksin mencapai kekebalan komunal adalah sebanyak 181.554.000 orang atau 182 juta kurang-lebih," sebut Jokowi.

Sejauh ini, sudah 3 juta dosis vaksin COVID-19 yang tiba dan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. Jokowi menyebut proses vaksinasi akan dimulai minggu depan dengan prioritas para tenaga medis.

"Vaksin tersebut kurang-lebih sudah terdistribusi ke daerah-daerah dan rencananya vaksin ini akan kita gunakan untuk 1,6 juta tenaga kesehatan, tenaga medis yang tersebar di 34 provinsi sebagai prioritas vaksinasi awal. Setelah itu, tentu saja akan yang berikutnya TNI-Polri, guru, masyarakat, dan kita semuanya," ujar Jokowi.

Kendati proses vaksinasi akan segera dilakukan, Jokowi tetap mengimbau semua pihak agar tetap disiplin dan menerapkan protokol kesehatan. Sejauh ini, vaksinasi hanya tinggal menunggu izin penggunaan dari pihak BPOM.

"Mungkin minggu depan ini segera terbit dan vaksinasi segera kita mulai. Walaupun vaksinasi sudah dimulai, saya ingin titip kepada semuanya agar yang namanya protokol kesehatan secara disiplin kita jalankan," katanya.

TAG TERKAIT :
Presiden Jokowi Virus Corona Covid-19 Pandemi COVID-19 Vaksinasi Vaksinasi Virus Corona

Berita Lainnya