Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Pelukan untuk Kesehatan Tubuh

Dewi Sari - 11/01/2021 12:09

Beritacenter.COM - Berpelukan dengan sesorang yang kita sayang merupakan bentuk rasa perhatian dan memenangkan berbagai kebahagiaan. Tapi tahukah anda berpelukan teranyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari The Healthya, berikut manfaat berpelukan untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan imunitas

Saat merasa tidak enak badan, pelukan bisa menjadi obat. Ini terbukti dari penelitian psychological science bahwa berpelukan dapat membantu meredakan gejala demam.

Para ahli dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh mengatakan, "Menerima peran dukungan sosial dan pelukan diprediksi sebagai tanda penyakit yang tidak terlalu parah."

2. Meredakan stres

Jika Anda memiliki masalah, coba redakan dengan pelukan. Sebuah studi di PLOS ONE pada 2018 menemukan baik pria maupun wanita dapat memperoleh manfaat yang sama dari pelukan pada hari-hari ketika konflik terjadi.

Meskipun dibutuhkan penelitian lebih dalam untuk mendukung pernyataan tersebut, tidak ada salahnya menuai manfaat dari berpelukan ini.

3. Meningkatkan harga diri

Jika membutuhkan dorongan untuk menghargai diri sendiri, cobalah untuk berpelukan. Pelukan dapat membuat suasana hati yang rendah menjadi lebih baik. Bagaimanapun, sentuhan manusia menandakan ikatan dan hubungan sosial. Sehingga, pelukan dapat meningkatkan harga diri dengan membuat Anda percaya bahwa berhak memberi dan menerima cinta.

4. Meningkatkan kepercayaan

Pelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Oksitosin dapat meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Selain itu, pelukan dapat membuat Anda percaya dan dipercaya.

Sebuah studi di Nature menunjukkan hubungan antara oksitosin dan peningkatan kepercayaan yang substansial di antara manusia, sehingga sangat meningkatkan manfaat dari interaksi sosial.

5. Mengurangi depresi

Menurut Deb Castaldo PhD, ahli di New Jersey, pelukan penting untuk mengontrol emosional. Pelukan dapat melepaskan hormon anti-depresan alami diri sendiri.

"Kami juga tahu bahwa memeluk orang yang kami cintai meningkatkan keterikatan emosional dan keintiman yang sehat. Ini merupakan dasar dari hubungan jangka panjang yang bahagia dan sehat," jelasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Manfaat Berleukan

Berita Lainnya