Kesehatan

BPOM Nyatakan Vaksin Sinovac Aman Digunakan

Anas Baidowi - 11/01/2021 15:32
Vaksin Sinovac

Beritacenter.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan bahwa Vaksin Sinovac aman digunakan. Hal itu disampaikan Kepala BPOM, Penny K Lukito dalam keterangan persnya Senin (11/1/2021).

Sebelum menyatakan bahwa vaksin produksi China itu aman, Penny menjelaskan bahwa pihaknya telah mengkaji beberapa pertimbangan, termasuk melakukan uji klinis terhadap ribuan orang di Bandung.

"Berdasarkan data yang telah disampaikan ke Badan POM, maka dapat disampaikan data keamanan Sinovac secara keseluruhan aman," kata Penny dalam keterangan pers, Senin (11/1/2021).

Sebelumya, BPOM mengatakan jika pihaknya masih menunggu uji klinis vaksin Sinovac fase 3 di Bandung. BPOM berharap uj klinis vaksin sinovac segera selesai dan izin penggunaan darurat (EUA) dapat segera diumumkan sebelum 13 Januari, saat vaksinasi dimulai.

"Kami menunggu hasil uji klinis vaksin Sinovac fase III di Bandung untuk pengamatan interim tiga bulan yang akan diberikan hari ini. Nanti kita bahas tidak lama lagi. Mudah-mudahan segera final sehingga diumumkan EUA tersebut," kata Penny dalam jumpa pers daringnya yang dipantau dari Jakarta, Jumat (8/1/2021).

TAG TERKAIT :
Berita Center BPOM Vaksin Vaksin Corona Vaksin Covid-19 Vaksin Sinovax Izin BPOM EUA

Berita Lainnya