Peristiwa

Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Terpantau Terjadi 22 Kali Hingga Petang Ini

Aisyah Isyana - 11/01/2021 20:35

Beritacenter.COM - Gunung Merapi terpantau masih menyemburkan lava pijar hari ini. Laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), terdapat 22 kali guguran lava yang terjadi pada periode pengamatan Senin (11/1/2021), pukul 00.00 WIB, hingga 18.00 WIB petang ini

"Pada periode 00.00 WIB hingga 06.00 WIB guguran lava pijar teramati 19 kali jarak luncur maksimum 600 meter. Kemudian 06.00 WIB hingga 12.00 WIB tercatat 3 kali guguran jarak luncur maksimum 400 meter, semuanya ke hulu Kali Krasak," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida kepada wartawan.

Baca juga : Waspada! Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 26 Kali Dalam 6 Jam, Jarak Luncur Capai 900 Meter

Menurutnya, aktivitas kegempaan gunung Merapi tercatat ada sebanyak 115 kali gempa guguran, 19 kali gempa hembusan, 125 kali gempa fase banyak, 29 kali gempa vulkanik dangkal dan 3 kali gempa tektonik jauh, hingga petang ini. Dia memperkirakan fenomena guguran lava akan terus terjadi, mengingat posisi kubah lava berada di lereng sisi barat daya di Lava 1997.

"Karena begitu magma muncul langsung menjadi lava pijar. Jadi ini berbeda dengan kubah Lava 2018 atau kubah lava sebelumnya yang posisinya di tengah tapi tidak terlalu di lereng," ucapnya.

Sementara untuk status Merapi hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Siaga (level III), dengan radius bahaya sejauh 5 kilometer dari puncak. BPPTKG merekomendasikan agar kegiatan penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Merapi dalam KRB III dapat dihentikan untuk sementara waktu.

Selain itu, pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak Merapi.

Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten juga diminta agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

TAG TERKAIT :
Gunung Meletus Gunung Merapi Erupsi Gunung Merapi Guguran Lava Pijar

Berita Lainnya